Kupas Tuntas Manifes

Rabu(3/3) Bea Cukai Meulaboh melakukan Program Pengembangan Pengetahuan/Kompetensi Pegawai (P2KP) bertajuk Kupas Tuntas Manifest. P2KP kali ini mengambil tempat di ruang rekreasi sambil tetap menjaga protokol kesehatan. Dengan tujuan menambah pengetahuan dasar pegawai dalam tata cara penyerahan, penatausahaan, perbaikan dan pembatalan pemberitahuan manifes.


Narasumber P2KP kali ini adalah Iwan Anwar, Kepala Seksi PKCDT (Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis). Acara dimulai dengan kata sambutan oleh Kepala Kantor Bea Cukai Meulaboh, Muhammad Alim Fanani. Dalam sambutannya Alim berpesan agar segenap pegawai memperhatikan dengan baik materi kali ini mengingat bahwa administrasi manifest adalah salah satu dokumen paling utama dalam pemberian layanan utama di kantor ini. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Iwan Anwar. Manifest adalah daftar barang niaga yang diangkut oleh sarana pengangkut melalui laut, udara, dan darat. Daftar barang ini diberikan oleh pengangkut kepada Bea Cukai sebagai dasar pemberitahuan barang baik tujuan diimpor ataupun diekspor. Dalam presentasinya Iwan memaparkan secara tuntas alur manifes mulai dari penyerahan sampai pembatalan.
Sebagai penutup diadakan sesi tanya jawab yang interaktif terkait materi P2KP kali ini. Diharapkan dengan pelaksanaan P2KP kali ini pegawai dapat memperkuat kembali kompetensi teknis terkait manifes. Dengan peningkatan kompetensi yang diadakan tiap tiga bulan sekali ini, Bea Cukai Meulaboh dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.