KUMPULKAN PERUSAHAAN KECIL MENENGAH, BEA CUKAI GRESIK TATAR TERKAIT KITE IKM

Gresik (22/07) - 7 Perwakilan Perusahaan UKM pada hari ini menghadiri Sosialisasi Ekspor Produk IKM di Aula KPPBC TMP B Gresik. Sosialisasi kali ini merupakan tindak lanjut dari Usaha Bea Cukai untuk meningkatkan ekspor oleh Usaha Kecil Menengah.

Acara hari ini dibuka oleh Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, M. Fauzy. Dan dilanjutkan dengan Pemaparan Materi oleh Kepala Seksi Kepabeanan Cukai II, Hendra Tjahjono. Kedua nya menekankan bahwa UKM diharapkan tidak hanya memenuhi kebutuhan dalam negeri saja, tetapi juga menjangkau pasar yang ada di luar negeri.

Banyak keluh kesah yang disampaikan oleh para UKM. Antara lain sulitnya mendapat buyer, sulitnya memenuhi persyaratan pembeli yang ada di luar negeri, mahalnya biaya pengangkutan, serta kurang pahamnya UKM terkait prosedur ekspor. Beberapa hal ini lah yang kedepan akan diusahakan Bea Cukai dapat teratasi dengan Sinergitas dengan K/L lain dan Pelayanan yang prima.

“Dengan adanya sosialisasi ini, kita akhirnya dapat memahami kesulitan-kesulitan yang dialami oleh UKM ini ya. Selain dengan adanya fasilitas KITE IKM yang sudah sangat membantu, nanti akan kita coba bantu untuk permasalahan diluar kepabeanan dan cukai untuk para UKM ini. Supaya ekspornya bisa bagus ya. Jadi kita ini mencoba memberikan pelayanan yang maksimal” ujar Imaduddin Muhammad, salah seorang pengisi materi saat diwawancarai setelah sosialisasi.

Diharapkan kedepan UKM yang ada di Gresik dapat merealisasikan ekspor dan yang lebih penting mengembangkan usaha dengan fasilitas-fasilitas yang diberikan oleh negara dengan tujuan memberi dampak ekonomi baik secara langsung maupun tidak langsung