Komitmen Bea Cukai Semarang Dukung Ekspor dan Penyerapan Tenaga Kerja Di Masa Pandemi

 



Semarang, 29-07-2021 - Bea Cukai Semarang terus berkomitmen mendukung kegiatan ekspor dan penyerapan tenaga kerja oleh perusahaan penerima fasilitas kawasan berikat di tengah lesunya perekonomian di masa pandemi.

Kepala Kantor Bea Cukai Semarang, Sucipto, mengatakan bahwa pemberian fasilitas fiskal terhadap perusahaan kawasan berikat berdampak pada perputaran roda pekonomian masyarakat, terutama dalam penyerapan tenaga kerja. “Salah satu dampaknya, dapat kita lihat dengan adanya kegiatan subkontrak perusahaan atau pengalihdayaan kegiatan tertentu dalam rangka produksi barang, dapat menyerap tenaga kerja dari lingkungan sekitar perusahaan,” imbuhnya.

Terdapat lebih dari 100 perusahaan kawasan berikat di bawah pengawasan Bea Cukai Semarang, salah satunya PT Ara Shoes Indonesia. Perusahaan yang berlokasi di Bergas, Ungaran ini turut memberdayakan warga sekitar terutama para ibu rumah tangga melalui Koperasi Unit Desa (KUD) dalam pengerjaan subkontrak pembuatan sepatu, yaitu dengan menjahit Upper sepatu dengan bagian alasnya.

Selain itu, juga terdapat  PT. Inko Java yang juga berlokasi di Bergas, Ungaran, terdapat subkontrak pemasangan tali ke sarung tangan baseball yang dikerjakan oleh warga Desa Sumowono. “Dengan pemberdayaan masyarakat dalam kegiatan subkontrak tersebut, tentu dapat mempengaruhi perputaran roda perekonomian, hal ini sejalan dengan tujuan adanya kawasan berikat, selain mendorong perekonomian  juga dapat menyerap tenaga kerja,” ungkap Sucipto.

Mengingat pentingnya hal tersebut, di tengah kondisi pandemi saat ini, Bea Cukai Semarang terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaiknya kepada seluruh stakeholder demi terjaganya keseimbangan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat.