Kiat-Kiat Meningkatkan Produktifitas Di Rumah Ala Dea Rizkita

Semarang (16/05) – Mengisi liburan di akhir pekan, beberapa perwakilan pegawai Kanwil Bea Cukai Jateng DIY tetap mengikuti kegiatan sosialisasi yang diadakan oleh Direktorat Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga (KIAL) Kantor Pusat Bea Cukai secara daring menggunakan aplikasi zoom pada hari Sabtu, 16 Mei 2020. Kegiatan tersebut sangat menarik karena mendatangkan narasumber yaitu seorang public speaking kondang berparas cantik, Dea Goesti Rizkita atau biasa kita kenal Dea Rizkita yang membawakan materi bertajuk “Produktif Dirumah”.

R. Syarif Hidayat, Direktur KIAL mengatakan bahwa setengah dari pegawai Bea Cukai adalah generasi milenial yang mana kemampuannya di bidang IT sangat sesuai diterapkan di era sekarang ini. “Perlu kita ketahui bahwa dari sekitar 16.500 pegawai Bea Cukai hampir lima puluh persennya adalah generasi milenial sehingga dalam bekerja sudah bisa langsung menyesuaikan diri apalagi dalam kondisi pandemi COVID ini yang mana dalam bekerja sebagian besar mengandalkan IT. Kegiatan seperti ini merupakan kegiatan yang baik dilakukan di masa-masa seperti ini sehingga dapat memperkuat kemampuan dari para generasi milenial ini”, ujarnya.

Dea kemudian menjelaskan kiat-kiat produktif di rumah. Menurutnya ada 5 hal yang perlu dilakukan untuk dapat berproduktif dirumah. “Pertama-tama perlu kita bedakan antara produktif dengan sibuk. Produktif yaitu menyelesaikan banyak hal, sedangkan sibuk itu mengerjakan banyak hal.  Ada lima hal yang perlu dilakukan dirumah agar kita bisa produktif di rumah dalam menjalani masa-masa pandemi seperti ini yaitu the right mindset, the important of trust, set your productive hour, maintain your energy level dan dress up”, jelasnya.

Selain itu dea juga menjelaskan perilaku yang harus dilakukan ketika melakukan virtual meeting. “Disini ada yang Work From Home (WFH) kan, tentunya ketika berinteraksi dengan pegawai lain menggunakan media seperti rapat dengan aplikasi zoom, video call wa, dll. Ketika melakukan virtual meeting seperti itu tentu teman-teman juga harus menjaga attitude seperti be on time, interaksi dua arah dan tidak mendistract teman kerja dengan melakukan tindakan-tindakan yang tidak perlu”, ujarnya.

Kiat bekerja produktif seperti ini diharapkan dapat meningkatkan produktifitas dan kinerja para pegawai Bea Cukai di masa pandemi COVID-19 ini. tidak hanya untuk pegawai yang sedang Work From Office tetapi juga yang sedang WFH.