Focus Group Discussion Triwulan II Membahas Joint Program Kementerian Keuangan

Bandar Lampung (22/06/2021) – Memasuki akhir bulan Juni 2021, Bea Cukai Lampung kembali adakan Focus Group Discussion (FGD) yang rutin diadakan tiap akhir triwulan. FGD diadakan pada Senin, 21 Juni 2021 melalui media Zoom Meeting yang diikuti Seluruh Pegawai Bea Cukai Lampung. FGD kali ini mengambil tema pembahasan mengenai Joint Program yang diadakan pada Lingkup Kementerian Keuangan.


Diskusi dipimpin Langsung oleh Kepala Kantor Bea Cukai Lampung, Esti Wiyandari. Esti menyampaikan bahwa Joint Program ini merupakan bagian dari Inisiatif Strategis Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan 2021 di bidang Penerimaan. Pokok-pokok strategis dalam pelaksanaan program sinergi tahun 2021 antara lain Joint Analisis, Joint Audit, Joint Investigasi, Joint Intelligence, Joint Collection, Joint Proses Bisnis dan IT serta pelaksanaan Secondment.
Di tahun 2021, Joint Program mengalami Scaling Up pelaksanaan Program Sinergi, yang mencakup Sembilan Unit Eselon 1, Kementerian dan Lembaga lain serta Pemerintah Daerah. Salah satu yang menjadi pembeda di tahun ini adalah dimulainya Joint Intelligence. Dengan meningkatnya pemahaman pegawai mengenai Joint Program Kementerian Keuangan ini, diharapkan dapat memperbaiki proses bisnis layanan di bidang Kepabeanan dan Cukai, serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja antar lembaga yang lebih sinergis, fokus dan terarah.