Berantas Narkoba, Bea Cukai di Jawa Barat Jalin Sinergi dengan BNN dan Polres

Bogor, 11-01-2021 – Kantor Bea Cukai Bogor dan Bea Cukai Cirebon di masing-masing wilayah pengawasan melakukan sinergi bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Polres dalam rangka memberantas peredaran narkotika.

Bea Cukai Bogor bersama Polres Kota Sukabumi dan BNN melalui operasi gabungan di Sukabumi, berhasil menggagalkan pengiriman paket narkotika yang diduga Synthetic Cannabinoid (tembakau gorilla) di Sukabumi, Selasa (05/01).

Dalam rangka pengungkapan jaringan pengiriman narkotika tersebut, tim melakukan penelusuran paket dan diketahui paket berasal dari Bandung menuju Sukabumi yang diselundupkan melalui perusahaan jasa titipan. Paket tersebut kedapatan berisi satu buah buku tulis dan kaleng semprotan bekas berisi 10 gram tembakau iris.

Barang bukti telah diserahterimakan kepada Polres Kota Sukabumi untuk dilakukan proses penelitian lebih lanjut. Dari kasus ini, pelaku diduga telah melanggar UU nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

Dengat tujuan yang sama, sinergi juga dilakukan oleh Bea Cukai Cirebon bersama BNN dalam menekan peredaran dan penyalahgunaan narkoba yang berdampak negatif bagi warga negara Indonesia.

“Perlu adanya tindakan pencegahan dan penanganan terhadap kasus peredaran narkoba secara efektif dan strategis,” ujar Kepala BNN Kota Cirebon, AKBP Yaya Satyanagara, pada Kamis (07/01) dalam pertemuan yang bertempat di Kantor Bea Cukai Cirebon.

Pertemuan tersebut membahas terkait rencana pembentukan posko beserta Satuan Tugas (Satgas) Seaport Interdiction dan Airport Interdiction di wilayah pengawasan Cirebon.

Pembentukan satgas dan posko bertujuan untuk mempermudah koordinasi antar sesama instansi dalam hal pencegahan dan pemberantasan pemasukan maupun peredaran psikotropika dan narkotika baik di laut maupun di daratan.

Pembentukan posko dan satgas ini melibatkan beberapa instansi yaitu Badan Narkotika Nasional, Bea Cukai, Imigrasi, Badan Karantina, Kepolisian, Syahbandar, Pelindo, dan instansi terkait lainnya.

Kepala Kantor Bea Cukai Cirebon, Encep Dudi Ginanjar menyampaikan bahwa koordinasi dan sinergi yang baik dalam posko dan satgas ini diharapkan dapat menekan pelanggaran di bidang narkotika khususnya di wilayah pengawasan Cirebon. "Peran kita sangat diharapkan untuk suksesnya rencana ini," ujar Encep.