Bea Cukai Maluku Fasilitasi Direct Export Perdana dari Ambon

Ambon (18/01/2017) – Bandara Pattimura Ambon menjadi saksi kegiatan ekspor langsung (direct export) pertama kali dari wilayah Maluku tujuan Australia sesuai dengan dokumen ekspor yang diterbitkan oleh kantor Bea Cukai Ambon, Selasa (16/01). 

“Kegiatan direct export ini merupakan hasil dari proses yang begitu panjang. Kami menjalin kerja sama, koordinasi dan sinergi, serta rapat berkelanjutan dengan instansi dan Kementerian/Lembaga terkait, pengelola bandara, dan pihak maskapai terkait di wilayah Maluku,” ujar Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Maluku, Finari Manan yang memimpin langsung kegiatan uji coba ekspor ikan tuna segar sirip kuning (yellowfin) oleh PT Harta Samudra. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Maluku, Garuda Indonesia Cargo Cabang Ambon, PT Angkasa Pura II Persero Ambon, DanLanud Pattimura Ambon, dan Stasiun Karantina Ikan Kelas I Ambon.

PT Harta Samudra, eksportir ikan tuna segar sirip kuning (yellowfin) sendiri merupakan perusahaan pengolahan ikan nasional yang melibatkan nelayan tuna di wilayah Maluku yang menggunakan alat tangkap pancing ulur (handline) dan telah mempunyai sertifikat eco label serta sertifikasi fair trade. 

“Ekspor dari wilayah Maluku selama ini selalu dilakukan dari Surabaya atau Jakarta, sehingga dengan adanya kegiatan ekspor langsung ini, diharapkan dapat menimbulkan multiplier effect, seperti menurunkan ekonomi berbiaya tinggi, efisiensi waktu, serta meningkatkan daya saing industri sehingga dapat menunjang peningkatan pertumbuhan ekonomi di wilayah Maluku,” jelas Finari,

Dalam uji coba ekspor ini, proses yang dimulai dari barang siap ekspor, packaging, karantina, clearance, sampai dengan loading ke sarana pengangkut hanya memerlukan waktu 1 Jam 23 menit. Bea Cukai, Pemprov Maluku, Garuda Indonesia, Karantina, Angkasa Pura II, Lanud Pattimura beserta seluruh instansi terkait berkomitmen penuh untuk mendukung kegiatan direct export dari ambon dan wilayah Maluku lainnya.