Bea Cukai Ambon Susuri Pelaku Usaha Berpotensi Ekspor

 

Ambon, 11-01-2021 – Bea Cukai Ambon mengawali tahun 2021 dengan menyusuri pelaku usaha yang berpotensi melakukan ekspor untuk mengasistensi langsung perusahaan terkait mekanisme ekspor.

Kepala Kantor Bea Cukai Ambon, Saut Mulia, menyebutkan pihaknya telah melakukan kunjungan ke dua perusahaan untuk menggali potensi ekspor diantaranya PT Maluku Prima Sukses dan CV Mainusu, Jumat (8/01).

PT Maluku Prima Sukses merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perikanan. “Melalui asistensi Bea Cukai, diharapkan perusahaan bisa melakukan ekspor langsung dari Maluku pada tahun 2021,” ujar Saut.

Saut menyampaikan bahwa asistensi ini juga bertujuan agar dapat mengetahui keinginan ekspor dari perusahaan dan kendala yang dihadapi sehingga Bea Cukai Ambon siap membantu dalam pelayanan pengurusan ekspor walaupun di masa pandemi Covid-19.

“Meski di masa pandemi, Bea Cukai Ambon harus tetap ada untuk memberikan solusi terbaik serta memberikan layanan kepada pengguna jasa dalam pengurusan ekspor,” kata Saut.

Manager Operasional PT Maluku Prima Sukses, Adrian, mengatakan dalam waktu dekat mereka berencana melakukan ekspor dan akan segera melakukan pengurusan aplikasi pemberitahuan ekspor barang (PEB) di kantor Bea Cukai Ambon.

Sementara itu, Bea Cukai Ambon juga berupaya untuk dapat mendorong ekspor dari komoditi non perikanan dengan memberikan asistensi kepada CV Mainusu, perusahan yang bergerak dibidang pertanian (pala).

“Perusahan ini diharapkan dapat menjadi perusahan non perikanan pertama yang bisa melakukan kegiatan ekspor langsung dari Maluku tahun 2021,” ungkap Saut.

Manajer Operasional CV Mainusu, Lusi Marlisa sekaligus memperlihatkan secara langsung kepada pihak Bea Cukai Ambon proses pengerjaan pala serta menyampaikan beberapa kendala yang dihadapi perusahaan. “Dari kegiatan ini kami harap dapat menyelesaikan kendala yang dihadapi di lapangan, khususnya di masa pandemi Covid-19 ini,” kata Lusi.