Amankan Perairan Kepulauan Riau, Bea Cukai Jalin Sinergi dengan TNI AL

 



Kepulauan Riau, 12-01-2022 – Bea Cukai Kepulauan Riau melakukan sinergi dengan tim patroli Pangkalan Utama TNI AL IV (Lantamal IV) dalam Operasi Bersama Lancang Kuning guna melakukan pengawasan dan pengamanan di wilayah perairan Kepulauan Riau. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua pekan dan resmi ditutup pada Senin (10/01). Tim patroli Bea Cukai Kepulauan Riau terdiri dari Kantor Wilayah Bea Cukai Kepulauan Riau, Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Batam, dan Pangkalan Sarana Operasi Bea Cukai Batam.

Dalam operasi bersama ini, telah dilaksanakan pemeriksaan terhadap kapal-kapal yang melintas lokasi perairan yang menjadi target operasi. Sebanyak 32 kapal telah diperiksa dengan rincian 23 kapal oleh tim patroli Lantamal IV dan 9 kapal oleh tim patroli Bea Cukai Kepulauan Riau. Hasil pemeriksaan menyatakan tidak ditemukannya pelanggaran, sehingga kapal yang melintas diizinkan untuk melanjutkan pelayaran.

“Kegiatan operasi bersama ini secara langsung maupun tidak langsung memiliki pengaruh positif terhadap keselamatan dan keamanan para pengguna laut, sekaligus meningkatkan kesepahaman dan hubungan antarinstansi penegak hukum di laut,” ujar Akhmad Rofiq, Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Kepulauan Riau.

Indonesia memiliki wilayah perbatasan laut yang luas, khususnya Kepulauan Riau. Wilayah perairan Kepulauan Riau berbatasan langsung dengan Singapura, Malaysia, dan Vietnam. Akhmad berharap agar sinergi antarunit penegak hukum terus terjalin, sehingga dapat tercipta keamanan di wilayah perairan Kepulauan Riau.

“Operasi bersama ini sudah berjalan optimal sesuai dengan prosedur. Kita semua harus memperkuat sinergi antar penegak hukum di laut yang bertugas untuk menegakkan hukum. Indonesia adalah negara yang berdaulat dan kedaulatan itu harus kita jaga dengan baik,” tutup Akhmad.