PENGUMUMAN !
Tutup
Pengecekan Status Barang Kiriman:

Sehubungan dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor PMK-182/PMK.04/2016 tentang Ketentuan Impor Barang Kiriman dan Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor PER-02/BC/2017 tentang Petunjuk Pelaksanaan Impor Barang Kiriman yang sudah berlaku di :

1.   Jakarta (melalui Halim) mulai berlaku tgl 28 Januari 2017;

2.   Semarang mulai berlaku tgl 16 Februari 2017;

3.   Ngurah Rai dan Kuala Namu mulai berlaku tgl 23 Maret 2017;

4.   Juanda, Bandung, dan Balikpapan mulai berlaku tgl 06 April 2017;

5.   Jakarta (melalui KPU Soekarno-Hatta dan Pos Pasar Baru) mulai berlaku tgl 27 April 2017;

Maka saat ini pemilik barang dapat melakukan pengecekan status barang kiriman melalui website dengan menggunakan tautan http://www.beacukai.go.id/barangkiriman.html

Petunjuk tracking pada aplikasi barang kiriman tersebut di atas, sebagai berikut :

1.   Silakan pilih ekspedisi yang digunakan baik itu POS/PJT;

2.   Masukan nomor resi/AWB paket kirimannya, khusus utk paket UPS menggunakan no AWB bukan nomor resinya;

3.   Klik submit maka informasi status paket kiriman akan muncul;

4.   Jika ada tagihan tidak wajar dari pihak-pihak yg mengatasnamakan Beacukai jangan percaya, karena dengan tracking tersebut secara transparan dishare untuk publik atas billing yang disetorkan ke kas negara.

Ketentuan mengenai besaran tarif :

1.   Untuk barang kiriman dengan nilai USD 100 < FOB < USD 1500 berlaku tarif pembebanan tunggal sebesar Bea Masuk 7.5%;

2.   Untuk tarif PPN sebesar 10% dan tarif PPh yang memiliki NPWP sebesar 10% (dengan atau tanpa menggunakan API (Angka Pengenal Impor)  sesuai Pasal 2 ayat 1 PMK 34/PMK.010/2017.

3.   Bagi yang tidak memiliki NPWP maka akan dikenakan tarif PPh sebesar 100% lebih besar dari tarif normal;

4.   Untuk klaim PPh tarif normal kami sarankan untuk menyampaikan informasi kepada pengirim barang bisa berupa foto NPWP saudara untuk disertakan dalam barang kiriman tersebut,


 

#beacukai makin baik

Info lebih lanjut:

  Layanan Informasi 24/7 dan Layanan Dwi Bahasa Contact Center  Bravo Bea Cukai 1500225

  Email: info@customs.go.id

   Facebook : Bravo Beacukai

   Twitter : @bravobeacukai

PENGADUAN MASYARAKAT
APLIKASI PENGADUAN ONLINE
Tracking Data Pengaduan
Pernah mengirimkan pengaduan ? Silahkan masukan nomor tiket Anda untuk melakukan tracking data dan atau mengirimkan pengaduan lagi !
(masukan nomor tiket 14 digit !)
 
PUSAT PENGADUAN MASYARAKAT

Terimakasih telah menggunakan dan atau mengunjungi layanan yang kami sediakan, baik secara sistem aplikasi atau secara langsung berinteraksi dengan petugas kami di seluruh kantor Bea dan Cukai.

Jika Anda mengalami permasalahan ketika mendapatkan pelayanan yang disebabkan oleh
"Penyalahgunaan Kewenangan Pejabat/Pegawai Bea dan Cukai dan Pelanggaran Disiplin Lainnya",
silahkan sampaikan permasalahannya melalui alamat kami berikut ini:

Secara Offline
Berikut ini adalah alamat offline yang kami sediakan untuk Anda menyampaikan pengaduan.

Telepon
:
0800 - 100 - 3545 (bebas pulsa)
SMS
:
0821 - 30 - 202045
Faksimili
:
021 - 489 - 0966
Email
:
pengaduan.beacukai@customs.go.id
 
 
puski.beacukai@gmail.com
Surat
:
Direktur Kepatuhan Internal Direktorat Jenderal Bea dan Cukai
Kantor Pusat Bea dan Cukai
Jl. Ahmad Yani By Pass - Rawamangun, Jakarta Timur
Jakarta - 13230
Menggunakan Sistem Aplikasi Pengaduan Online
Kami sediakan khusus untuk Anda menyampaikan pengaduan dengan sistem ticketing. Setiap satu pengaduan yang Anda sampaikan ke kami akan mendapatkan satu nomor tiket.

DATA YANG DIBUTUHKAN:
Anda cukup mengisikan data-data sebagai berikut:
  • (Data Pengadu) Nama dan atau alamat yang bersifat anonymous, Anda tidak harus menggunakan nama asli dan itu yang kami rekomendasikan
  • (Alamat Yang Bisa Dihubungi) yaitu Nomor Telepon / Email untuk kami memberikan respon atau juga konfirmasi data tambahan
  • (Data pengaduan) Yang meliputi judul, detail, lokasi dan waktu kejadian
NOMOR TIKET:
Setelah Anda mengirimkan data-data di atas, Anda akan mendapatkan sebuah cetakan / email yang berisi nomor tiket. Dengan nomor tiket inilah, Anda dapat :
  • Melihat tindak lanjut dari pengaduan yang dikirimkan, memberikan respon atau juga mengirimkan data tambahan.
  • Membuat data pengaduan baru
  • Melihat daftar pengaduan yang pernah Anda buat.
Fungsi lain dari nomor tiket ini sebagai data login ke sistem pengaduan. Kami sengaja tidak membuat sistem login menggunakan user id dan password karena kami fokus pada kontent / isi pengaduan, bukan siapa yang mengadu.

KERAHASIAAN DATA:
Dengan model nomor tiket sebagai pintu akses ke sistem pengaduan online ini, sorang pengadu tidak perlu mengisi data-data pribadi sehingga identitasnya akan terjaga. Nomor tiket kami desain sedemikian rupa sehingga tidak mudah untuk dihafal, tetapi mudah untuk digunakan sebagai pintu akses, karena kami akan memberikan nomor tiket ini setiap pengaduan disampaikan baik melalui aplikasi online, email, sms, fax atau juga telepon.
 
 
Link
>Organisasi Internasional
>Customs Administration
>Kelembagaan
>Kementerian Keuangan
>Official Website Kantor Pelayanan
Aplikasi dan Layanan
>Portal Pengguna Jasa
>Registrasi Kepabeanan
>Registrasi PPJK
>Direktori Peraturan
>Browse Tarif Bea Masuk
>Browse Kurs
>Layanan Informasi
>Pengaduan Masyarakat
>Intranet Bea Cukai
>Office Automation
Media Center
>Berita
>Download
>Pengumuman
>Polling
>Galeri Foto
>Galeri Kegiatan
>Galeri Video
>Statistik Kepabeanan
>Pojok BeCe
Website
>Tentang Website
>Sitemap
>Disclaimer
>Term Of Use
>Privacy Statement
Newsletters