PENGUMUMAN !
Tutup
Pengecekan Status Barang Kiriman:

Sehubungan dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor PMK-182/PMK.04/2016 tentang Ketentuan Impor Barang Kiriman dan Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor PER-02/BC/2017 tentang Petunjuk Pelaksanaan Impor Barang Kiriman yang sudah berlaku di :

1.   Jakarta (melalui Halim) mulai berlaku tgl 28 Januari 2017;

2.   Semarang mulai berlaku tgl 16 Februari 2017;

3.   Ngurah Rai dan Kuala Namu mulai berlaku tgl 23 Maret 2017;

4.   Juanda, Bandung, dan Balikpapan mulai berlaku tgl 06 April 2017;

5.   Jakarta (melalui KPU Soekarno-Hatta dan Pos Pasar Baru) mulai berlaku tgl 27 April 2017;

Maka saat ini pemilik barang dapat melakukan pengecekan status barang kiriman melalui website dengan menggunakan tautan http://www.beacukai.go.id/barangkiriman.html

Petunjuk tracking pada aplikasi barang kiriman tersebut di atas, sebagai berikut :

1.   Silakan pilih ekspedisi yang digunakan baik itu POS/PJT;

2.   Masukan nomor resi/AWB paket kirimannya, khusus utk paket UPS menggunakan no AWB bukan nomor resinya;

3.   Klik submit maka informasi status paket kiriman akan muncul;

4.   Jika ada tagihan tidak wajar dari pihak-pihak yg mengatasnamakan Beacukai jangan percaya, karena dengan tracking tersebut secara transparan dishare untuk publik atas billing yang disetorkan ke kas negara.

Ketentuan mengenai besaran tarif :

1.   Untuk barang kiriman dengan nilai USD 100 < FOB < USD 1500 berlaku tarif pembebanan tunggal sebesar Bea Masuk 7.5%;

2.   Untuk tarif PPN sebesar 10% dan tarif PPh yang memiliki NPWP sebesar 10% (dengan atau tanpa menggunakan API (Angka Pengenal Impor)  sesuai Pasal 2 ayat 1 PMK 34/PMK.010/2017.

3.   Bagi yang tidak memiliki NPWP maka akan dikenakan tarif PPh sebesar 100% lebih besar dari tarif normal;

4.   Untuk klaim PPh tarif normal kami sarankan untuk menyampaikan informasi kepada pengirim barang bisa berupa foto NPWP saudara untuk disertakan dalam barang kiriman tersebut,


 

#beacukai makin baik

Info lebih lanjut:

  Layanan Informasi 24/7 dan Layanan Dwi Bahasa Contact Center  Bravo Bea Cukai 1500225

  Email: info@customs.go.id

   Facebook : Bravo Beacukai

   Twitter : @bravobeacukai

Aplikasi dan Layanan DJBC
Direktorat Jenderal Bea dan Cukai menyediakan beberapa jenis aplikasi ataupun layanan yang ditujukan untuk pengguna jasa (Importir, Eksportir, PPJK, Pengusaha Kawasan Berikat, Pengusaha Cukai dan lainnya). Aplikasi tersebut ada yang berdiri sendiri dan ada juga yang terintegrasi dengan website ini.

SECARA UMUM TERBAGI DALAM DUA :

  1. Aplikasi
    Yaitu sistem aplikasi yang khusus dibuat untuk user dan untuk mengaksesnya diperlukan user id dan password.
     
  2. Layanan
    Yaitu sistem yang berisi data-data umum yang diperuntukan agar siapa saja dapat melihat dan mengaksesnya tanpa melakukan login ke sistem tersebut.

Aplikasi :

  • Portal User DJBC
    Yaitu sebuah portal yang memfasilitasi seorang user melakukan segala sesuatu terkait dengan posisi dia sebagai user di Bea Cukai. Mulai dari pendaftaran, aktivasi sampai recovery passwor.
     
  • Registrasi Kepabeanan
    Yaitu sistem aplikasi untuk melakukan registrasi pengguna jasa di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai untuk mendapatkan Nomor NIK. Registrasi ini akan menggantikan seluruh proses registrasi yang sebelumnya ada yaitu registrasi importir dan registrasi PPJK.
     
  • Registrasi PPJK
    Yaitu sebuah sistem aplikasi yang digunakan untuk melakukan registrasi customs broker guna mendapatkan Nomor Pokok Pengusaha Jasa Kepabeanan. Nantinya aplikasi ini akan dilebur menjadi satu dengan aplikasi Registrasi Kepabeanan.
     

Layanan :

  • Browse Tarif Bea Masuk
    Digunakan untuk melakukan browsing data BTBMI atau yang nantinya akan menjadi BTKI (Buku Tarif Kepabeanan Indonesia) yaitu mengetahui tarif Bea Masuk sebuah barang.
     
  • Browse Kurs
    Untuk mengetahui kurs yang digunakan oleh DJBC dalam melakukan perhitungan Pungutan Dalam Rangka Impor pada aplikasi pelayanan di seluruh indonesia.
     
  • Direktori Peraturan
    Untuk mengetahui peraturan apa saja yang terkait dengan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai mulai dari Undang-undang, Peraturan Pemerintah, Keputusan Menteri Keuangan sampai SE Dirjen Bea Cukai dari tahun ke tahun.
     
  • Pengaduan
    Yaitu aplikasi kecil untuk mengirimkan pengaduan yang ditujukan kepada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Cukup dengan menggunakan alamat email, anda bisa mengirimkan pengaduan.
     
  • Intranet Bea Cukai
    Kemudian untuk pegawai Bea dan Cukai, juga disediakan aplikasi intranet khusus untuk melihat data-data dan informasi yang bersifat internal seperti info mutasi, info diklat, info bea siswa dan lain-lain.
 
 
Link
>Organisasi Internasional
>Customs Administration
>Kelembagaan
>Kementerian Keuangan
>Official Website Kantor Pelayanan
Aplikasi dan Layanan
>Portal Pengguna Jasa
>Registrasi Kepabeanan
>Registrasi PPJK
>Direktori Peraturan
>Browse Tarif Bea Masuk
>Browse Kurs
>Layanan Informasi
>Pengaduan Masyarakat
>Intranet Bea Cukai
>Office Automation
Media Center
>Berita
>Download
>Pengumuman
>Polling
>Galeri Foto
>Galeri Kegiatan
>Galeri Video
>Statistik Kepabeanan
>Pojok BeCe
Website
>Tentang Website
>Sitemap
>Disclaimer
>Term Of Use
>Privacy Statement
Newsletters