PENGUMUMAN !
Tutup
PENGUMUMAN: KEWAJIBAN MELAKUKAN UPDATE PATCHING MODUL PEB Versi 6.0.3
Sehubungan dengan upaya peningkatan kualitas data ekspor (PEB), maka diharapkan kepada semua pengguna jasa (eksportir/PPJK ekspor) untuk melakukan update patching modul PEB versi 6.0.3 secepatnya.

Batas waktu akhir menggunakan modul PEB versi sebelum 6.0.3 adalah sampai dengan tanggal 06 Mei 2018. Pengiriman data PEB setelah tanggal tersebut harus sudah menggunakan modul PEB versi 6.0.3, jika tidak maka akan mendapatkan respon penolakan (reject) otomatis oleh Aplikasi CEISA Ekspor.

Beberapa Fitur baru di dalam Modul PEB versi 6.0.3, adalah sebagai berikut:

  1. Validasi kebenaran pengisian kode Pelabuhan Tujuan, wajib memilih dari daftar kode yang disediakan (kolom 22)
  2. Validasi kebenaran pengisian Negara Tujuan Ekspor (kolom 23)
  3. Konfirmasi cek kebenaran pencantuman kode Valuta (kolom 32)
  4. Konfirmasi cek kebenaran pengisian nilai FOB (kolom 33)
  5. Konfirmasi cek pengisian nilai maklon jika diisikan 0 (kolom 36)
  6. Cek kebenaran isian format container untuk jumlah container 1-3 (kolom 37)
  7. Validasi kebenaran pengisian kode Daerah Asal Barang , wajib memilih dari daftar kode yang disediakan (kolom detil barang)

Pertanyaan terkait tata cara pengisian modul PEB versi 6.0.3, anda dapat menghubungi :

  • Bravo Contact Center: 1500225
  • Petugas Seksi PDAD pada Kantor Pelayanan Bea dan Cukai terdekat

 

Unduh file Pacth PEB 603

Ini Jurus Bea Cukai Priok Pertahankan Dwelling Time

Jakarta (10/01/18) - Awal tahun menjadi momen untuk menyampaikan evaluasi dari kegiatan pada 2017, salah satunya tentang dwelling time. Walaupun dwelling time menjadi isu yang sudah lewat, namun tetap menjadi fokus dari presiden Joko Widodo. Salah satu cara menurunkan angka dwelling time adalah dengan adanya mekanisme Truck Lossing bagi perusahaan MITA, importir produsen, dan importir tertentu.

Kamis (10/01), Bea Cukai Tanjung Priok mengundang 50 perusahaan MITA untuk mengikuti Focus Group Discussion dengan tema Truck Lossing. Pada Desember 2017, dwelling time secara keseluruhan naik. Khusus untuk perusahaan MITA kepabeanan pada Desember 2017 mencapai 2,157 hari dari target 2,7 hari.

"Walaupun masih di bawah target, namun ada yang aneh pada tahap Post Clearance, yakni mencapai 2 hari. Hal itu tidak jauh berbeda dengan jalur merah dan kuning, lalu apa bedanya disematkan perusahaan MITA?" tegas Kabid PPC II, Irham Habib selaku narasumber dari FGD ini. 

"Harusnya dengan privilege yang dimiliki perusahaan MITA, Post Clearance bisa lebih rendah dari itu, apa setelah SPPB gak dikeluarkan langsung ya?" tanya beliau kepada peserta.

FGD berjalan dengan komunikatif, para peserta diminta menyampaikan beberapa pengalaman ataupun kendala yang diperoleh jika memakai Truck Lossing. Salah seorang peserta mengungkapkan bahwa Kendala pada Truck Lossing ini yaitu koordinasi instansi/perusahaan yang berkaitan yakni Bea Cukai, Pelindo, TPS, serta perusahaan pelayaran.

"Memang kalau di Bea Cukai tidak menghabiskan waktu yang lama pak, namun pengurusan yang lain di TPS maupun saat kapal bongkar yang butuh koordinasi ekstra cepat dan akurat, misalnya saja pengalaman saat truk kami menunggu hampir 20 jam proses bongkar kontainer dari kapal, ternyata kontainernya sudah termuat ke truk TPS," ujar salah satu peserta.

Dalam kegiatan ini pun, Kepala Kantor Bea Cukai Priok, Dwi  Teguh mengungkapkan bahwa dirinya sudah berkoordinasi dengan pihak Pelindo terkait konsen Bea Cukai untuk mendorong Truck Lossing. Dengan koordinasi antar pimpinan instansi ini diharapkan menghasilkan keputusan yang menunjang kemudahan Truck Lossing.

 
 
Link
>Organisasi Internasional
>Customs Administration
>Kelembagaan
>Kementerian Keuangan
>Official Website Kantor Pelayanan
Aplikasi dan Layanan
>Portal Pengguna Jasa
>Registrasi Kepabeanan
>Registrasi PPJK
>Direktori Peraturan
>Browse Tarif Bea Masuk
>Browse Kurs
>Layanan Informasi
>Pengaduan Masyarakat
>Intranet Bea Cukai
>Office Automation
Media Center
>Berita
>Pengumuman
>Download
>Polling
>Galeri Kegiatan
>Galeri Foto
>Galeri Video
>Statistik Kepabeanan
>Pojok BeCe
Website
>Tentang Website
>Sitemap
>Disclaimer
>Term Of Use
>Privacy Statement
Newsletters