BEA CUKAI INDONESIA GANDENG WCO DAN AHLI KEPABEANAN NEGARA SAHABAT TINGKATKAN PENGETAHUAN TENTANG RULES OF ORIGIN

Jakarta (04/12) – Bea Cukai Indonesia bekerjasama dengan World Customs Organization (WCO) dan Customs Cooperation Fund adakan Training of Trainersof Origin for Experts pada 26-30 November 2018 di Bandung, Jawa Barat. Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Bea Cukai, R Syarif Hidayat menyatakan bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan personil Bea Cukai Indonesia di bidang Rules of Origins.

“Kerja sama ini merupakan salah satu upaya Bea Cukai Indonesia untuk melakukan peningkatan program capacity building nasional dan internasional serta merupakan salah satu upaya untuk mencapai sertifikasi sebagai salah satu WCO Regional Training Centre di Asia Pasifik bagi Pusdiklat Bea Cukai,” ungkap Syarif.

 

Dalam workshop tersebut dihadirkan para ahli-ahli yang telah berpengalaman dalam bidang Rules of Origin di antaranya Ms. Mette Werdelin Azzam sebagai WCO accredited Rules of Origin Expert, Ms.  Siti Khadijah Mohd Noor dari Malaysia Customs dan Mr. Sanaullah Abro dari Pakistan Customs sebagai WCO pre-accredited Rules of Origin Expert. Sementara yang mewakili Indonesia adalah Direktur Fasilitas Kepabeanan Oentarto Wibowo sebagai WCO accredited integrity expert.

 

Oentarto menyatakan bahwa penyelenggaraan workshop ini merupakan bukti komitmen Indonesia kepada WCO untuk mendukung berbagai WCO program capacity building khususnya di regional Asia Pasifik. “Workshop ini juga diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi untuk Bea Cukai Indonesia dalam perumusan peraturan impelementasi Free Trade Agreement dan Rules of Origin yang seragam, konsisten, reliable, dan disepakati seluruh pemangku kepentingan yang terlibat, sehingga seluruh tugas fungsi Bea Cukai dapat terlaksana dengan baik,” pungkas Oentarto.