Puluhan Pegawai Bea Cukai Ikuti Kompetensi Teknis Kasubsi Hanggar Pabean dan Cukai

Malang - Tegang dan gelisah mengira wajah para peserta dalam mengikuti pembukaan acara Assesment Kompetensi Teknis Kasubsi Hanggar Pabean dan Cukai (11/04) yang kali ini diselenggarakan di Aula Kanwil Bea Cukai Jatim II. Kegiatan ini di buka oleh Kakanwil Jatim II Agus Hermawan yang dalam sambutannya menyampaikan program ini adalah program kantor pusat untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan para peserta tentang Kepabeanan dan Cukai. “ jangan terlalu tegang, pikirkan saja THR yang akan cair nanti jadi insyaallah bisa lebih rileks,” ujar Agus dan disambut tawa para peserta.

Selanjutnya Kepala Bagian Administrasi Kepegawaian Kantor Pusat Siswo Suharto menyampaikan arahan kepada para peserta. Siswo menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan selama 3 hari kedepan, para peserta diwajibkan mengikuti tahapan kompetensi antara lain multiple choice, analysis case, self assesment, TOEFL dan ditutup dengan Interview dengan para Assesor, “Seperti kata pak kanwil tadi jadi jangan terlalu tegang, rileks aja karena soalnya tidak jauh-jauh dari kerjaan kita selama ini dan terima kasih kepada Kakanwil Jatim II yang bersedia menyediakan tempat untuk kegiatan ini,” tutup Siswo.

Kegiatan pun dimulai dengan para peserta wajibkan menjawab 100 soal multiple choice, tampak wajah serius para peserta menjawab soal dengan batas waktu yang telah diberikan oleh Panitia, untuk self assesment para peserta diberikan kesempatan menjawab pertanyaan dengan dikerjakan ditempat tinggal masing-masing.

Diharapkan dengan kegiatan ini kantor pusat bisa melakukan pengukuran kompotensi para peserta yang meliputi Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial, dan Kompetensi Sosial Kultural dengan tujuan pemetaan pegawai yang tindak lanjutnya nanti apakah para pegawai tersebut perlu pembinaan atau memenuhi harapan atau bahkan melampaui harapan untuk meningkatkan kualitas SDM dalam keberhasilannya melaksanakan tugas sehari-hari demi Bea Cukai Makin Baik.