Layanan Informasi Keliling Bea Cukai Malang di Kecamatan Bululawang

Kamis (05/07/2018) - Bea Cukai Malang memberikan layanan informasi keliling di Kecamatan Bululawang. Layanan informasi keliling merupakan salah satu inovasi Bea Cukai Malang dalam memberikan pelayanan berupa penyampaian informasi kepada masyarakat terkait ketentuan kepabeanan dan cukai. Seperti pelaksanaan layanan informasi keliling sebelumnya, petugas menggunakan mobil layanan informasi milik Bea Cukai Malang. Diharapkan melalui kegiatan ini informasi tersebut dapat menyebar luas ke seluruh wilayah Malang Raya yang merupakan wilayah pengawasan Bea Cukai Malang.

Sebelum memulai kegiatan layanan informasi keliling, petugas menyampaikan surat permohonan izin pelaksanaan kegiatan dimaksud ke Kantor Kecamatan Bululawang. Setelah mendapatkan izin, petugas layanan informasi keliling mulai bergerak untuk melaksanakan kegiatan. Objek layanan informasi keliling kali ini merupakan penjual rokok eceran dan beberapa masyarakat di Kecamatan Bululawang. Fokus layanan informasi ini adalah untuk memitigasi risiko meluasnya peredaran rokok ilegal di wilayah Malang Raya. Sebagian besar layanan informasi keliling dilaksanakan ke penjual rokok eceran. “Apabila ada distributor yang menawarkan rokok tanpa pita cukai, kami ingatkan untuk tidak menerimanya karena hal tersebut merupakan pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan di bidang cukai yang bisa berakibat kepada pengenaan sanksi hukum pidana," tegas Kristian selaku salah satu petugas layanan informasi keliling.

Salah satu tujuan dilaksanakannya kegiatan layanan informasi keliling ini adalah sebagai bentuk preventif terhadap perederan rokok ilegal di wilayah Malang Raya. Dengan begitu, jumlah rokok ilegal yang beredar dapat ditekan sehingga visi kantor Bea Cukai Malang dalam menjadi kantor modern terbaik dalam hal pengawasan dan pelayanan di bidang cukai dapat terwujud.