WORKSHOP EVALUASI PENERAPAN DAN PELAYANAN SKI/SKE DENGAN LINTAS SEKTOR DI BALAI BESAR POM DI SURABAYA

Dalam rangka meningkatkan dan menyempurnakan kualitas sekaligus mengevaluasi pelayanan impor/ekspor, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Surabaya menyelenggarakan Workshop Evaluasi Penerapan dan Pelayanan SKI/SKE dengan Lintas Sektor pada hari Senin tanggal 10 Oktober 2016 yang bertempat di Aula Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Surabaya dengan mengundang Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Juanda (KPP Bea dan Cukai TMP Juanda) untuk menjadi salah satu narasumber dalam topik “Permasalahan Pemasukan Barang Kiriman/Tentengan ke Wilayah Indonesia”.

                Dalam kesempatan tersebut, KPP Bea dan Cukai TMP Juanda menugaskan Hendro Trisulo (Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi), Ony Ipmawan (Seksi Penindakan dan Penyidikan), Zahrotun Nisa (Kepala Sub Seksi Penyuluhan), dan Zaenal Fanani Putranto (Pelaksana pada Seksi Penindakan dan Penyidikan) untuk menghadiri dan menjadi narasumber dalam acara tersebut.

Acara workshop dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan agenda acara registrasi peserta yang kemudian dilanjutkan dengan acara pembukaan oleh Kepala Balai Besar POM di Surabaya. Setelah acara pembukaan, acara workshop dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh para narasumber. Narasumber pertama berasal dari Balai Besar POM di Surabaya sendiri yang menyampaikan materi “Membangun Zona Integritas”. Materi kedua dengan topik “Pengawasan Produk Impor” disampaikan oleh narasumber dari Disperindag Provinsi Jawa Timur. Sedangkan materi ketiga dengan topik “Pemasukan Barang Kiriman/Tentengan ke Wilayah Indonesia” disampaikan oleh narasumber dari KPP Bea dan Cukai TMP Juanda yang diwakili oleh Ony Ipmawan (Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan). Materi terakhir berupa “Sosialisasi Peraturan Kepala BPOM Nomor 12 dan 13 Tahun 2015” disampaikan oleh Balai Besar POM di Surabaya. Selain penyampaian materi oleh para narasumber, pada acara workshop tersebut juga dilakukan diskusi dan tanya jawab perihal materi-materi yang telah disampaikan oleh para narasumber.

Setelah penyampaian materi workshop dan diskusi serta tanya jawab selesai, acara kemudian ditutup oleh Kepala Balai Besar POM di Surabaya. Melalui acara workshop ini diharapkan instansi-instansi terkait yaitu KPP Bea dan Cukai TMP Juanda, Balai Besar POM di Surabaya, dan Dinas Perdagangan dapat lebih meningkatkan kerjasama lintas sektor dalam pelayanan ekspor/impor.