UPACARA PENUTUPAN PATKOR KASTIMA DI PENANG MALAYSIA

  

PENANG – Rabu 18 November 2015 pada pukul 08.00 Waktu Malaysia, dilaksanakan upacara penutupan Patroli Koordinasi Kastam Indonesia dan Malaysia (Patkor Kastima) yang ke 21. Kegiatan yang telah berlangsung dari tanggal 07 agustus 2015 kemarin  ini ditutup dengan pidato dari ketua pengarah Kastam Malaysia Dato ‘ Sri Khazali Bin Hj. Ahmad.

  

Dalam Pidatonya,  Ketua Pengarah Kastam Malaysia Dato’ Sri Khazali Bin Hj. Ahmad Menjelaskan bahwa patkor kastima telah berlangsung rutin dari tahun ketahun. Kegiatan Patkor Kastima juga memberikan dampak positif bagi kedua belah pihak. Berbagi pengalaman, berbagi ilmu, dan menjaga keakraban antara pihak Malaysia dan indonesia. Beliau juga berpesan bahwa penting untuk menjaga kestabilan perairan laut Malaka yang merupakan jalur Perdagangan internasional dari upaya penyelundupan.

Pada saat press conference  seusai upacara penutupan berakhir, Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Heru Pambudi menjelaskan bahwa pihak indonesia akan melakukan koordinasi lebih lanjut dengan pihak Malaysia dengan melakukan pertukaran data informasi.  Dari pertukaran data informasi tersebut , selanjutnya akan dilakukan Joint Analyzing untuk menentukan manakah yang menjadi target untuk dilakukan penindakan. Dengan proses-proses tersebut beliau optimis, akan mudah kedepannya untuk melakukan Joint Enforcment yang salah satunya adalah Patkor Kastima.