Upacara Dalam Rangka Hari Bea Cukai Indonesia di KPPBC TMP Tanjung Perak

Tanjung Perak,Surabaya– KPPBC TMP Tanjung Perak pada hari Kamis, 13 Oktober 2016 pukul 07.30 WIB melaksanakan upacara bendera di halaman kantor. Upacara bendera ini dilakukan untuk memperingati Hari Bea dan Cukai Indonesia yang ke-70.

Upacara dihadiri oleh seluruh pegawai dan pejabat di lingkungan KPPBC TMP Tanjung Perak dan BPIB Tipe B Surabaya. Pelaksanaa upacara tersebut terlihat berbeda dari biasanya, karena dihadiri oleh para purnawirawan Bea Cukai. Benar, para purnawirawan memang diundang untuk turut serta dalam upacara karena merupakan salah satu bentuk Bea Cukai menghargai jasa-jasa dan kontribusi mereka selama bertugas menjadi aparatur negara.

Dalam rangkaian upacara, Kepala Kantor menyampaikan sambutan yang diamanatkan oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengenai pencanangan hari Bea Cukai Indonesia pada tanggal 1 Oktober 2016. Dalam amanat tersebut dijelaskan mengenai sejarah bea dan cukai dari tahun 1946 sampai perkembangannya di tahun 2016 ini. Secara tidak langsung, selama 70 tahun kebelakang, bea cukai telah memberikan banyak kontribusi kepada negara baik kontribusi terkait finansial maupun non finansial. Di akhir amanatnya, beliau berpesan agar seluruh pegawai Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dapat  menjaga amanah dan terus semangat dalam meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa.

Pencanangan hari bea dan cukai ini ditandai dengan adanya pelepasan simbolik sejumlah balon oleh Kepala KPPBC TMP Tanjung Perak dan Kepala BPIB Tipe B Surabaya. Selain itu, di akhir upacara Kepala KPPBC TMP Tanjung Perak memberikan tanda terima kasih kepada para pegawai KPPBC TMP Tanjung Perak yang akan menjalankan tugas di lingkungan Kantor Wilayah DJBC Jatim I setelah  mendapatkan surat keputusan pemindahan pegawai pada beberapa waktu yang lalu.