TUNJANG PELAYANAN, BEA CUKAI TANGERANG ADAKAN LOKAKARYA CLIENT SERVICE CHARTER

<

Peningkatan kualitas pelayanan publik menjadi salah satu sasaran pokok dalam perubahan ke arah yang lebih baik yang dilakukan oleh Bea Cukai Tangerang. Bertujuan membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) di Bea Cukai Tangerang, dibutuhkan adanya pelatihan yang berguna untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik. Pelayanan prima atau service excellent menjadi target yang harus bisa dipertahankan oleh Bea Cukai Tangerang.

            Lokakarya Client Service Charter atau yang kemudian disebut CSC merupakan program pengembangan dari Service Level Agreement (SLA) yang berorientasi pada kualitas pelayanan publik degan penetapan standar pelayanan. Karena pada dasarnya, pelayanan yang lambat dan menyulitkan merupakan cikal bakal adanya tindakan korupsi. Pelaksanaan Lokakarya CSC menjadi salah satu langkah yang diambil untuk mewujudkan pelayanan prima dan menumpas tindakan korupsi.

<

            Lokakarya CSC dilaksanakan pada hari Selasa dan Rabu, tanggal 12 dan 13 Maret 2019 di Ruang Aula Lantai 3 Kantor Bea Cukai Tangerang. Dengan peserta yang merupakan pejabat dan pegawai Bea Cukai Tangerang, kegiatan berlangsung dengan semangat dan berjalan lancar. Jam pelatihan yang dipenuhi serta beragam materi yang disampaikan mengisi agenda sepanjang kegiatan Lokakarya CSC.

            Lokakarya CSC dimulai dengan pengantar dan kata sambutan yang disampaikan oleh Kepala Kantor Bea Cukai Tangerang, Aris Sudarminto. Beliau menuturkan pentingnya pelaksanaan kegiatan ini, tidak lain yaitu untuk mendukung kemajuan Bea Cukai Tangerang di bidang pelayanan dan mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Tak lupa, beliau memberi semangat dan mengharapkan para peserta dapat mengikuti kegiatan dengan tuntas sehingga setelah kegiatan berakhir dapat menularkan semangat pelayanan prima kepada rekan-rekan yang lain.

            Lokakarya CSC menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya yang berasal dari beragam Kantor Bea Cukai di Indonesia. Terdapat Horas Mardapot Baja Sinaga yang merupakan Kepala Seksi Pabean dan Cukai II KPU BC Tipe A Tanjung Priok, Suratno yang merupakan Kepala Seksi Kepatuhan Pelaksanaan Tugas Pengawasan Kanwil DJBC Jakarta, dan Andry Idriyan Syara yang merupakan Kepala Subseksi Hanggar Pabean dan Cukai XVII KPPBC TMP A Bekasi.

<

            Dalam 2 (dua) hari, materi yang disampaikan bermacam-macam. Dimulai dari materi kepribadian, pembentukan karakter, komunikasi dan penanganan keluhan, serta cara berpenampilan yang baik sebagai petugas pelayan masyarakat. Peserta menjalankan Lokakarya CSC dengan penuh semangat dengan penyampaian materi yang menarik dari narasumber. Baik di hari pertama hingga hari kedua, banyak pengalaman yang diperdengarkan, banyak cerita yang disampaikan sehingga para peserta dapat menerima materi dengan baik. Penyampaian dalam bentuk permainan, kuis, dan lain-lain selalu berhasil mencairkan suasana.

            Lokakarya CSC diakhiri dengan pemberian penghargaan kepada peserta teraktif, peserta terbaik, dan kelompok terbaik. Penghargaan sebagai peserta terbaik diberikan kepada Resti Nuraini dan peserta teraktif diberikan kepada Octriani Feronica, keduanya merupakan pegawai dari Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi. Kemudian, Lokakarya ditutup oleh Kepala Kantor Bea Cukai Tangerang, Aris Sudarminto dengan didampingi Kepala Subbagian Umum, Sarwo, Kepala Seksi PDAD, Ari Nugraheni, dan Kepala Seksi Kepatuhan Internal, Julfera Fourina. Diharapkan, dengan terlaksananya kegiatan Lokakarya CSC dapat menunjang tugas pelayanan, meningkatkan kualitas pelayanan publik, yang kemudian mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan menghasilkan kepuasan pengguna jasa yang tinggi. Hal tersebut dilakukan untuk mendorong perubahan Bea Cukai menjadi semakin baik.