Tingkatkan Koordinasi Bidang Ekonomi, Bea Cukai Gelar Pertemuan dengan US-ASEAN Business Council

Jakarta (15/02) – Dalam rangka meningkatkan pemahaman atas prioritas dan inisiatif Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) pada tahun 2019 dan mendiskusikan mengenai cara meningkatkan kerja sama ekonomi antara Amerika dan Indonesia, Bea Cukai mengadakan pertemuan dengan US-ASEAN Business Council (USABC).

Sebagai asosiasi yang menaungi perusahaan-perusahaan asal Amerika yang beroperasi di kawasan ASEAN, USABC secara aktif mengikuti konsultasi di forum ASEAN Directors-General of Customs dan Coordinating Committee on Customs (CCC). Selain itu, USABC juga aktif melakukan engagement di berbagai forum lintas sektor lainnya di ASEAN, seperti di ASEAN Trade Facilitation Joint Consultative Committee (ATF JCC).

Dalam pertemuan ini Bea Cukai menyampaikan berbagai isu terkait kepabeanan dan cukai serta prioritas kebijakan DJBC di tahun 2019 yang antara lain tentang Penguatan Reformasi Kepabeanan dan Cukai, tentang pengembangan Pusat Logistik Berikat (PLB) 2.0, serta prioritas DJBC dalam rangka pengendalian impor atau ekspor barang yang diduga berasal dari hasil pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual.  Selain itu, Bea Cukai juga menyampaikan terkait berlakunya PMK No. 210 tahun 2018 tentang Perlakuan Perpajakan atas Transaksi Perdagangan melalui Sistem Elektronik (E-Commerce) sebagai wadah dalam memudahkan pemenuhan kewajiban perpajakan bagi pelaku usaha perdagangan melalui e-commerce.

Sebaliknya, USABC juga menyampaikan berbagai inisiatif di wilayah ASEAN antara lain penyelenggaraan Capacity Building serta pengajuan proposal terkait Low Value Shipment Programme yakni permintaan penyederhanaan prosedur kepabeanan untuk barang-barang dengan nilai di bawah SDR 1.000 atau setara dengan nilai USD 1.400.

Sedangkan di Indonesia sendiri  USABC telah melakukan inisiatif/kerja sama antara lain Indonesia dan Cisco dalam penyelenggaraan program Country Digital Acceleration (CDA) yang memfokuskan pada lima area yaitu: pemerintahan digital, industri digital, BUMN digital, keamanan siber, dan inklusi digital. USABC juga menginisiasi dilakukannya workshop dengan tema “Empowering Innovation: Talent Development to Support National Growth” di beberapa kota di Indonesia daolam rangka peningkatan sumber daya manusia untuk lebih inovatif.

Diharapkan melalui pertemuan ini, Bea Cukai dapat meningkatkan kerja sama dengan USABC dalam meningkatkan kegiatan perekonomian Indonesia di mata Internasional.