Tingkatkan Kewaspadaan Virus Covid-19, Bea Cukai Maluku Lakukan Internalisasi Pegawai

Ambon, 20/3/2020 — Demi meningkatkan kewaspadaan penyebaran virus, Bea Cukai Maluku lakukan sosialisasi tentang virus corona covid-19. Kegiatan ini dihadiri oleh para pejabat Eselon III, Eselon IV, serta pelaksana. Kepala Bagian Umum Marilyn Rhonda memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan tersebut.

Berlokasi di Aula Kantor Wilayah Bea Cukai Maluku, dinas kesehatan Kota Madya Ambon yang diwakili oleh dr. Candra selaku narasumber menyampaikan materi tentang virus corona covid-19 serta cara pencegahan dan penanganannya.

Dokter Candra menjelaskan bahwa virus corona covid-19 ini masih dalam "satu keluarga" dengan virus SARS dan MERS, yang membedakan adalah cara penyebarannya.

"Pandemik ini sangat berbahaya bagi orang yang sudah berumur atau lanjut usia karena memiliki sistem daya tahan tubuh yang kurang baik," lanjutnya. Adapun bagi orang yang lebih muda jika memiliki sistem imun yang lebih baik, yang harus dilakukan adalah mengurangi potensi penyebaran virus dengan menjaga kesehatan melakukan social distancing.

Dokter Candra juga menjelaskan bahwa yang perlu dilakukan oleh kita semua adalah turut menjaga kebersihan, makan makanan yang bergizi, rajin mencuci tangan, dan gunakan masker jika ada. Pemakaian hand sanitizer tidak diperlukan jika kita berada di tempat yang mudah ditemukan wastafel, karena mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir sudah cukup.

Terakhir, dokter menghimbau bahwa jika ada yang dalam kondisi yang kurang sehat harus segera beristirahat, bila perlu bekerja dari rumah untuk mengurangi potensi penyebaran virus dikarenakan kondisi tubuh yang kurang fit. Jika dalam waktu beberapa hari kondisinya belum membaik, segera pergi ke rumah sakit untuk diberikan penanganan lanjutan oleh tenaga medis.