Tingkatkan Kemampuan Pegawai, Bea Cukai Maluku Gelar Latihan Menembak

Guna meningkatkan kemampuan dan keterampilan pegawai, khususnya pegawai yang bertugas pada unit pengawasan, Bea Cukai Maluku menggelar latihan menembak mengggunakan pistol dan senapan laras panjang yang didampingi oleh anggota POMAL Lantamal IX Ambon, pada hari Jumat, 10 Agustus 2018, bertempat di lapangan tembak Leo Wattimena Lanud Pattimura, Ambon.

Setiap pegawai Bea Cukai yang dilengkapi Senjata Api Dinas wajib mengikuti pelatihan baik yang diselenggarakan secara mandiri oleh Bea Cukai mapun berkerja sama dengan TNI, Polri dan instansi lain sesuai dengan PMK Nomor 113/PMK.04/2017 tentang Penggunaan Senjata Api Dinas di lingkungan DJBC.

Finari Manan, selaku Kakanwil Bea Cukai Maluku, bersama dengan Kabid Penindakan dan Penyidikan, Arie Papiano, ikut serta dalam kegiatan latihan menembak.

Hadir juga dalam latihan menembak, DanPomal Lantamal IX Ambon, Asintel Kejati Maluku dan Kepala KPPBC Ambon. “Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengasah kemampuan pegawai sekaligus tuntutan profesionalisme dalam penguasaan keterampilan penggunaan senjata api yang sangat diperlukan dan berguna dalam pelaksanaan tugas sebagai pegawai Bea Cukai untuk mendukung peran dan fungsinya sebagai Community Protector. Selain itu, kegiatan ini untuk mencari pegawai yang mempunyai bakat dan bibit unggul sebagai atlet menembak di lingkungan Kanwil DJBC Maluku.”,ujar Arie Papiano.

Sedangkan menurut Finari Manan, kegiatan latihan menembak ini dapat memberikan dampak psikologis yang positif bagi pegawai dalam pelaksanaan tugas sehingga harus dilaksanakan secara rutin, terprogram, dan berkesinambungan. Disamping sebagai media peningkatan kemampuan pegawai, juga diharapkan sinergi antar aparat penegak hukum di wilayah Maluku dapat lebih ditingkatkan lagi.