Tambah Wawasan dan Pengetahuan, Bea Cukai Kediri Adakan P2KP Tata Niaga Post Border dan Perlakuan Perpajakan Melalui E-Commerce

Kediri - “Dengan Ilmu Kita Menuju Kemuliaan”, itu adalah salah satu kutipan dari Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara. Untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kepada para pegawai, Selasa (13/03) Bea Cukai Kediri menyelenggarakan P2KP (Program Pembinaan Ketrampilan Pegawai) tentang Tata Niaga Post Border dan Perlakuan Perpajakan Melalui Sistem Elektronik (E-COMMERCE), di Aula lantai 3 Kantor Bea Cukai Kediri.

Di awal acara Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Adiek Marga Rahardja, memberikan sambutan yang isinya mengajak para pejabat dan pegawai di lingkungan Kantor Bea Cukai Kediri untuk selalu mengupdate kegiatan yang dilakukan masing-masing seksi di media sosial supaya lebih membuka mata netizen tentang Bea Cukai Kediri. Selanjutnya penyampaian materi dipandu oleh Kasubsi Layanan Informasi, Hendratno Argosasmito.

Dalam penyampaian materi tentang Tata Niaga Post Border, Hendratno mengatakan bahwa,  sesuai dengan Paket Kebijakan Ekonomi XV pemerintah melakukan simplifikasi atau penyederhanaan Tata Niaga Impor. “Beberapa waktu yang lalu Presiden Jokowi pernah mengkritisi terjadinya dewling time yang terjadi di Pelabuhan Tanjung Priok dimana salah satu penyebabnya karena lamanya proses perijinan terhadap barang-barang terkena peraturan larangan dan pembatasan,” demikian ujarnya. Dalam penjelasan selanjutnya disampaikan juga bagaimana tehnik dan praktek pelaksanaan Tata Niaga Post Border tersebut.

Materi selanjutnya adalah tentang Perlakuan Perpajakan Melalui Sistem Elektronik (E-Commerce). Materi tentang ini memang masih dalam Rancangan Peraturan Menteri Keuangan tetapi materi ini bisa memberikan pemahaman pada para pegawai, bahwa transaksi elektronik atau secara on line  bisa menjadi obyek penerimaan negara bila sistem perpajakannya bisa dikelola dengan baik dan tertata melalui sebuah peraturan.

Di akhir acara, diadakan kuis “Kahoot” dengan bahan pertanyaan dari materi yang sudah disampaikan. Kuis ini bisa dijawab langsung dari Smart Phone  masing-masing peserta P2KP dengan pertanyaan yang tertera di layar LCD. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti kuis ini. 3 (tiga) pemenang dari kuis ini diberikan hadiah berupa souvenir cantik Bea Cukai Kediri.  

Dengan adanya P2KP yang disertai kuis ini diharapkan para pegawai tidak hanya mendengarkan atau menerima materi yang sudah disampaikan. Tapi juga melatih daya ingat dan kecakapan para pegawai dalam mendalami materi.