Suasana Kekeluargaan Dalam Pisah Sambut Kepala KPPBC TMP Belawan

Belawan – Kekeluargaan yang terjalin begitu hangat yang dibalut dalam nuansa kesederhanaan. Kata-kata tersebut menggambarkan suasana tersebut terjadi pada pagi hari (16/04) di aula lantai 3 KPPBC TMP Belawan dalam suatu acara Pisah Sambut Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean (TMP) Belawan. Acara tersebut dihadiri oleh pejabat dan pegawai KPPBC TMP Belawan, instansi terkait seperti TNI, POLRI, dan forum masyarakat kemaritiman serta perwakilan dari asosiasi pengguna jasa.

  

Berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 231/KM.1/UP.11/2016 tanggal 08 April 2016, menggariskan adanya pergantian Kepala KPPBC TMP Belawan dari Lupi Hartono, S.E., M.M. kepada Haryo Limanseto, S.Sos., M.Si. Walaupun, perpindahan pejabat dan pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan sudah sangat lazim dilakukan, namun tetap saja momen penggantian ini tetap terasa mengharukan, pejabat/pegawai yang lama meninggalkan kesan dan pejabat/pegawai yang baru datang membawa harapan.

  

Acara dimulai dengan ucapan kesan dan pesan kepada Bapak Lupi Hartono dari jajaran pejabat dan pegawai KPPBC TMP Belawan. Ucapan tersebut direkam dengan video, dimana di mata keluarga besar KPPBC TMP Belawan, sosok Bapak Lupi Hartono, merupakan seorang Bapak yang cerdas, bijaksana dan sangat gemar berolahraga. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Lupi Hartono yang mengucapkan terima kasih kepada para jajaran KPPBC TMP Belawan, instansi terkait dan para asosiasi atas kerjasama dan sinerginya. Tak lupa, Beliau juga menyanjung Pejabat yang akan menggantikannya, Bapak Haryo Limanseto, yang merupakan sosok yang lebih baik, lebih pintar, lebih muda dan lebih ganteng.

Suasana bertambah haru, ketika beberapa pegawai melakukan tradisi mangulosi. Ini merupakan tradisi adat masyarakat suku batak yang sangat arif, karena mangulosi  berarti memberikan selimut dari kain ulos yang mengandung makna memberikan kehangatan dan perlindungan bagi yang memakainya. Acara ini dilakukan dengan harapan Bapak Lupi Hartono senantiasa dilindungi oleh Tuhan dalam tugas selanjutnya.

Acara selanjutnya, yaitu perkenalan dari Kepala KPPBC TMP Belawan yang baru, Bapak Haryo Limanseto. Beliau sebelumnya menjabat sebagai Kepala Subdirektorat Kehumasan di Kantor Pusat DJBC. Dalam sambutannya, Beliau memperkenalkan dirinya kepada jajaran barunya, instansi terkait dan asosiasi pengguna jasa. Perkenalan ini penting untuk menjalin sinergi dalam menjalankan fungsi bea cukai, contoh sinergi bersama TNI dan POLRI dalam pemberantasan penyelundupan. Tak lupa beliau juga menyanjung Bapak Lupi Hartono yang menurut beliau sangat berkontribusi di Bea Cukai terutama dalam pemikiran strategisnya, sehingga Beliau dipercaya menduduki posisi yang baru sebagai Kepala Subdirektorat Perencanaan Strategis dan Manajemen Transformasi.

Selamat bertugas di tempat yang baru Bapak Lupi Hartono, semoga Bapak semakin sukses, sehat selalu dan tetap dalam perlindungan Tuhan. Selamat datang Bapak Haryo Limanseto, semoga KPPBC TMP Belawan semakin jaya dan semakin kompak dalam kepemimpinan Bapak, aamiin.

Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi

KPPBC Tipe Madya Pabean Belawan