SINERGI BEA CUKAI BENGKALIS DENGAN TNI BERHASIL AMANKAN RATUSAN UNIT HANDPHONE DAN RATUSAN KALENG MIRAS ILEGAL

Bengkalis – Bea Cukai Bengkalis berhasil melakukan penindakan terhadap  ratusan unit handphone dan ratusan kaleng miras ilegal pada hari Jumat (25/01) di Kapal Dumai Line yang berangkat dari Batam – Selatpanjang – Bengkalis. Penindakan yang berhasil dilakukan kali ini merupakan buah sinergi antara Bea Cukai Bengkalis dengan TNI.

Kepala Kantor Bea Cukai Bengkalis, Mochammad Munif mengungkapkan bahwa setelah mendapatkan informasi dan melakukan koordinasi dengan BAIS TNI, petugas langsung bergerak melakukan targetting terhadap barang tersebut. “Sesuai informasi yang didapat, petugas kemudian melakukan pengawasan bongkar terhadap kapal Dumai Line dan benar ditemukan beberapa karton yang mencurigakan yang dititipkan kepada Kapal tersebut tanpa diketahui pemilik ataupun penerimanya,” ungkap Munif.

Setelah barang dibuka di depan Kuasa Agen Kapal dan disaksikan oleh Nahkoda Kapal tersebut didapati 14 karton barang yang terdiri dari 2 karton berisikan handphone sebanyak 211 unit batangan tanpa aksesoris dan 12 karton minuman keras kalengan sebanyak 288 kaleng. “Barang kami amankan dan kami bawa ke Kantor Bea Cukai Bengkalis untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut,” ujar Munif.

“Sejak ditandatangani PICE-BT tahap dua pada tanggal 15 Januari 2019 Bea Cukai Bengkalis terus aktif melakukan koordinasi dengan Bea Cukai Batam, dan Aparat Penegak Hukum lainnya untuk mendukung pemberantasan penyelundupan dan pelanggaran di bidang kepabeanan dan cukai lainnya di Pesisir Timur Sumatera,” pungkas Munif.