Serunya Bersosialisasi dengan Taruna

Subseksi Penyuluhan baru-baru ini melaksanakan sosialisasi kepabeanan kepada para taruna di Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Sosialisasi tersebut berbeda dengan sebelumnya karena dilaksanakan pada akhir pekan yakni hari Sabtu tanggal 14 Oktober 2017. Sosialisasi tersebut dilaksanakan berdasarkan permintaan dari PIP. Tim penyuluhan yang meluangkan akhir pekannya kala itu beranggotakan Rina Indrati, Yendra Robi, dan Hening Sri Hidayati. Dengan diikuti oleh 200an taruna dan taruni, sosialisasi tersebut bertempat di ruang makan Menza gedung PIP. Para peserta tersebut merupakan taruna dan taruni pada semester pertama. Para kader perwira pelayaran tersebut dirasa perlu agar dibekali pengetahuan kepabeanan dan cukai karena Bea Cukai juga tidak lepas dari aktivitas kelautan seperti patrol laut.

Keseruan sudah nampak ketika kedatangan tim Penyuluhan disambut dengan tepuk tangan yang sangat meriah dari para taruna. Tak hanya itu, mereka juga menyanyikan yel-yel PIP dengan kompak dan lantang untuk membangkitkan semangat saat penyampaian materi. Materi pertama yang disampaikan oleh Bu Rina ialah tentang kepabeanan dasar yang meliputi dasar hukum kepabeanan, pengertian istilah-istilah kepabeanan (kepabeanan, daerah pabean, dan kawasan pabean), pengertian impor dan ekspor, registrasi kepabeanan, bea masuk, bea keluar, dan cukai.

Sebelum dilanjutkan ke materi selanjutnya, Bapak Robi memimpin ice breaking dengan mengajak para taruna bermain game. Setelah semangat kembali membara, Bapak Robi menyampaikan tentang barang kiriman, barang bawaan penumpang, dan tentunya pengenalan kapal patroli.

Setelah seluruh materi disampaikan, kemudian tim Penyuluhan meninggalkan ruang Menza dan para taruna melanjutkan kegiatannya. Meskipun kegiatan dilaksanakan di akhir pekan, namun tim Penyuluhan tetap sanggup melaksanakan sosialisasi dengan baik. Itulah cerminan instansi DJBC yang selalu siap dalam melaksanakan tugas.