Semarak Bea Cukai Juanda Award

 

 

SIDOARJO – KPPBC TMP Juanda menggelar acara pemberian penghargaan kepada pengguna jasa di wilayah kerja Bea Cukai Juanda, dengan tajuk “Juanda Award.” Kegiatan dilaksanakan pada hari Rabu (21/08/19) di Aula Bea Cukai Juanda, yang dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah DJBC Jatim I, Kepala Kantor Bea Cukai Juanda, Pejabat Eselon V dan IV, pengguna jasa, dan instansi di lingkungan Bea Cukai Juanda.

Acara dibuka dengan persembahan tari remo khas Jawa Timur, dilanjutkan dengan sambutan Kepala Kantor, Budi Harjanto. Dalam sambutannya beliau menyampaikan, “Terimakasih atas kontribusi para pengguna jasa yang telah mematuhi peraturan dan BC Juanda berhasil mencapai target penerimaan. Acara ini sekaligus sebagai ajang pembangunan Zona Integritas Kawasan Bandara Juanda.” Pada Juanda Award kali ini ditampilkan berbagai tarian adat daerah Indonesia, seperti tari Saman khas Aceh, Tari Bali, Tari Papua, dan Betawi.

Adapun kategori pengguna jasa yang mendapatkan Juanda Award meliputi Importir, Eksportir, PPJK, PJT, dan Maskapai Penerbangan. Kategori Importir dengan jumlah devisa terbesar jatuh kepada PT Gudang Garam. Selanjutnya untuk Eksportir dengan kontribusi devisa dan aktifitas terbesar jatuh kepada PT Meiji Indonesian Pharmaceutical Industries. Peraih Juanda Award kategori maskapai penerbangan dengan volume berat (tonage) terbesar adalah Singapore Airlines. Untuk kategori PJT (Perusahaan Jasa Titipan) diraih oleh DHL Express. Dan peraih Juanda Award pada kategori PPJK (Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan) dengan dokumen impor terbanyak dan pelanggaran terkecil diraih oleh PT Birotika Semesta.

Bea Cukai Juanda kepada Mitra Kerja Kepabeanan dan Cukai di KPPBC TMP Juanda yang meliputi Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah III, PT Angkasa Pura I Cabang Bandar Udara Juanda Surabaya, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi Surabaya, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Surabaya, dan Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya. Diharapkan kedepannya sinergi yang yang baik ini dapat terus terjalin guna mendukung kinerja yang optimal di Kawasan Bandar Udara Juanda, khususnya di KPPBC TMP Juanda.

Di akhir acara Kepala Kantor Wilayah DJBC Jatim I menyampaikan agar penghargaan ini menjadi ajang perbaikan menuju ke arah yang lebih baik. Karena tren perekonomian para pelaku usaha berkembang dengan pesat. Sekaligus mengimbau agar kita berhati-hati menerima dan menyebarkan informasi yang didapat.