Sekitar 300 Siswa Ikuti Customs Goes to School Bea Cukai Nunukan

Nunukan - Pada Bulan Maret 2017 tepatnya tanggal 15 dan 16 Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Nunukan (KPPBC TMP C Nunukan) mengadakan acara “Customs Goes To School” yang bertempat di tiga lokasi berbeda yaitu SMA Negeri 1 Nunukan, SMA Negeri 2 Nunukan, dan SMA Negeri 1 Nunukan Selatan. Acara yang dimulai pada pukul 09.00 diikuti sekitar 300 siswa.

Diawali dengan sambutan dari Plh. Kepala Kantor Bea Cukai Nunukan Bapak Priyohadi. Customs Goes To School tahun ini mengambil tema “Mengenal Lebih Dekat Bea dan Cukai serta Mengenal Lebih Dekat Sekolah Kedinasan PKN STAN”. Materi sosialisasi yang pertama disampaikan oleh Bapak Muh. Yen Pranoto(Kepala Subseksi Penyuluhan dan Layanan Informasi) dan Muhammad Zain(Kepala Subseksi Pengolahan Data dan Administrasi Dokumen).

Sebagai gambaran awal untuk peserta mengenal Bea Cukai Nunukan, panitia menampilkan video profil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai yang menjelaskan lebih dalam mengenai keberadaan dan fungsi Bea dan Cukai di Nunukan. Pemberian materi profil Bea dan Cukai ini dimaksudkan untuk memberi pengetahuan kepada para peserta mengenai tugas pokok dan fungsi utama Bea dan Cukai sebagai instansi pemerintah yang berperan sebagai fasilitator perdagangan dan industri,menjaga perbatasan dan melindungi masyarakat dari penyelundupan dan perdagangan illegal serta mengoptimalkan penerimaan negara disektor Kepabeanan dan Cukai.

Dilanjutkan materi kedua mengenai Penindakan dan Pengawasan (P2) yang diberikan oleh Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan Bapak Mahzun. Materi P2 ini menjelaskan tentang bagaimana kerja Bea dan Cukai dalam melaksanakan pengawasan di perbatasan baik di Pelabuhan Laut maupun Patroli di Perairan Laut dengan armada kapal Bea dan Cukai.

Selanjutnya materi ketiga diawali dengan pemutaran video profil Kampus PKN STAN serta pemberian informasi terkait penerimaan mahasiswa baru di Kampus PKN STAN tahun 2017 yang disampaikan oleh Lyvia Ambarita dan Ines Karina selaku lulusan PKN STAN  tahun 2016. Dalam materi ini disampaikan mengenai alur pendaftaran, syarat-syarat pendaftaran, dan keunggulan apabila mengikuti pendidikan di PKN STAN, selanjutnya akan diadakan try out USM PKN STAN dimana yang berminat mengikutinya sekitar 191 peserta.

Sesi berikutnya  diadakan sesi tanya jawab dan kuis seputar materi yang telah disampaikan yang dipandu oleh Bapak Fakhrul Rozi (Kepala Subseksi Administrasi Manifes, Penerimaan,dan Jaminan). Kegiatan sosialisasi berjalan dengan lancar. Peserta sosialisasi terlihat antusias dalam menyimak informasi yang disampaikan.

Acara diakhiri dengan foto bersama dan pemberian kenang-kenangan kepada perwakilan di tiap-tiap sekolah berupa piagam, buku USM PKN STAN, kalender Bea Cukai Nunukan, goodie bag,dan brosur mengenai penerimaan PKN STAN.