Rencanakan Implementasi Container Control Programme, Bea Cukai adakan Pertemuan dengan UNODC

Kamis, 21 Juli 2016, Delegasi United Nations Office of Drugs and Crime (UNODC) mengunjungi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai untuk membahas perkembangan kerja sama yang telah terjalin selama ini. Direktur Jenderal didampingi Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga beserta pejabat dari Sekretariat DJBC, Direktorat P2, dan KPU BC Tipe A Tanjung Priok menyambut kedatangan delegasi yang terdiri atas Mr. Collie Brown, UNODC Country Manager, Mr. Ian Munro, penasihat bidang penegakan hukum di UNODC Headquarters – Vienna, Austria, dan Bpk. Rizki Indrawansya, Project Officer untuk UNODC – WCO Container Control Programme.

Pada kesempatan tersebut, delegasi UNODC dan juga pihak DJBC menyampaikan apresiasinya atas kerjasama antara UNODC dengan DJBC dalam kerangka UNODC-WCO Global Container Control Programme. Pelaksanaan kerja sama tersebut telah berjalan dengan baik dan masing – masing pihak berharap pelaksanaan kerja sama tersebut dapat dikembangkan menuju tahap lebih lanjut. Selanjutnya delegasi UNODC memaparkan rencana implementasi Container Control Programme (CCP) untuk kargo udara di Indonesia.

Menanggapi hal tersebut Direktur Jenderal beserta jajaran menyambut baik usulan pengembangan kerja sama tersebut. Disampaikan pula bahwa kerja sama tersebut diyakini dapat memperkuat penegakan hukum di pelabuhan udara dan dapat memberikan benchmark penegakan hukum di berbagai pelabuhan udara lainnya. Menindaklanjuti rencana tersebut DJBC beserta UNODC akan melakukan komunikasi lebih lanjut mengenai persiapan serta pelaksanaan pengembangan program tersebut.