Rapat Pembahasan Data PEB, Harga Ekspor LNG, dan Mekanisme Pengawasan Pemuatan KPPBC TMP C Babo

Senin 15 April 2019, KPPBC TMP C Babo melakukan rapat bersama Sales Ops Analyst/Terminal Representative BP Berau Ltd., Bapak Dadiek Indrawan. pembahasan yang dilakukan adalah terkait perbaikan Data PEB, harga ekspor LNG, dan mekanisme pengawasan pemuatan ekspor LNG di site LNG Tangguh – BP Berau Ltd.

Rapat dimulai pukul 11.30 WIT sampai 15.30 Wit bertempat di Ruang rapat kantor Bea dan Cukai Fakfak, Papua Barat. Rapat dibuka oleh Kepala Kantor KPPBC TMP C Babo, Ari Wibawa Yusuf.

Perbaikan data PEB diajukan karena adanya kesalahan saat pengisian data Proforma Invoice dari sumbernya, yaitu cargo information. Oleh karena telah melewati batas waktu yang ditentukan, Kepala KPPBC TMP C Babo akan meneruskan perbaikan data kepada Direktur Teknis Kepabeanan yang selanjutnya akan dilakukan perbaikan oleh Direktorat Informasi Kepabeanan dan Cukai kantor pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai

Selanjutnya dibahas mekanisme proses pengawasan muat barang ekspor LNG di site LNG Tangguh. Pada intinya eksportasi berupa NG menggunakan mekanisme Form 3D dimana sebelum PEB dan NPE, LNG dimuat terlebih dahulu berdasarkan persetujuan Form 3D dari Kepala KPPBC TMP C Babo. Pada akhir topik, Bapak Dadiek menyampaikan nilai yang dijadikan sebagai harga ekspor (devisa ekspor) atas ekspor LNG BP Berau Ltd.