Peserta Sail Sabang 2017 Mulai Berdatangan Melalui Kupang, NTT

Kupang - Peserta Sail Sabang 2017 yang akan dihelat sekitar bulan November 2017 telah tiba pada tanggal 29 Juli 2017 di Pantai Tedys Kupang. Dari Total 22 peserta Sail Indonesia hingga hari Kamis 04 Agustus 2017 sudah 17 Kapal yang telah tiba. Peserta Sail Indonesia 2017 yang telah tiba di Kupang  berasal dari sejumlah negara mulai dari Australia, Bulgaria, Malaysia, Jepang serta Amerika Serikat. Setelah berada di Kupang, selama sekitar sepekan, para peserta akan berpergian ke berbagai destinasi di provinsi berbasis kepulauan itu, sebelum berkumpul di acara puncak yaitu di Sabang, Aceh sekitar November 2017.

Bea dan Cukai Kupang disini melakukan fungsi pelayanan Impor Sementara Kapal Wisata Asing (Yacht). Setiap peserta diwajibkan untuk mengurus dokumen Vessel Declaration kepada pihak bea dan Cukai. Disisi lain Bea Cukai Kupang juga melakukan pengawasan terhadap Kapal Wisata (Yacht)Asing yang diatensi terdapat atau membawa Barang Larangan dan/atau Pembatasan.

Tim gabungan Kantor Bea Cukai Kupang serta Balai Karantina Pemeriksa 17 kapal Yacht milik sejumlah peserta sail Indonesia 2017 yang telah tiba di pantai Tedys Kupang. Pemeriksaan dilaksanakan dalam rangka untuk mencocokan data yg telah diisi secara "online" dengan fisik kapal. Selain itu dilakukan pemeriksan dengan alat ion scan agar bisa dideteksi apakah peserta Sail Indonesia membawa narkotika, obat-obatan terlarang atau tidak.

Dari hasil pemeriksaan tidak ditemukan hal-hal yang dilarang untuk dibawa oleh para peserta sail. Jumlah yacht yang datang pada tahun ini turun drastis jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pada tahun 2016 jumlah Yacht yang datang berjumlah 40 yacht. sedangkan dibandingkan dengan tahun ini jumlahnya hanya mencapai 22 yacht.
Hal ini dikarenakan cuaca buruk sehingga banyak yang membatalkan perjalanan dan yang melewati Kupang.