Pesan Penting Kunjungan Kejaksaan Agung ke Bea Cukai Ternate

Membangun Indonesia tidak bisa dilakukan sendiri. Butuh sinergi dan soliditas seluruh elemen bangsa Indonesia, khususnya antarinstansi pemerintah. Kerja sama menegakkan supremasi hukum dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsi instansi harus dilakukan bersama-sama supaya tujuan berbangsa dan bernegara dapat dicapai sempurna.

Karena itu, dalam salah satu pesannya, Direktur Penuntutan pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung), Dr. Heffinur mengatakan, "Untuk membangun Indonesia kita semua harus menghilangkan ego sektoral. Kita harus bekerja sama, bergandeng tangan, saling mengisi, dan saling melengkapi sesuai dengan tugas dan fungsi kita masing-masing."

Pada siang awal September 2017 ini, Bea Cukai Ternate mendapat kehormatan kunjungan dari Direktur Penuntutan pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejagung beserta rombongan yang terdiri dari Wakil Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku Utara (Malut), Kasubdit Peran HAM Direktorat Penuntutan Jampidsus Kejagung, Aspidsus Kejati Malut, Koordinator/ Plh. Asisten Intelijen, Jaksa Senior di Jampidsus, Koordinator Bidang Datun Kejati Malut, Koordinator Bidang Intelijen Kejati Malut, para Kepala Seksi Pidsus Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten/ Kota se-Provinsi Maluku Utara, Kasi Penyidikan Kejati Malut, Kasi Penuntutan Kejati Malut, Kasi Eksekusi dan Upaya Hukum Kejati Malut, serta Kepala Bidang DP3 (Data dan Pengawasan Potensi Perpajakan) Kanwil Ditjen Pajak Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara (Suluttenggomalut) dan para Kepala Seksi dari KPP Pratama Ternate.

Dalam kunjungan ini, Dr. Heffinur memresentasikan contoh-contoh pelanggaran di Bidang Perpajakan, Kepabeanan, dan Cukai serta aturan-aturan yang berkaitan dengan optimalisasi penyelamatan Keuangan Negara. Kemudian, presentasi "Optimalisasi Pemulihan Keuangan Negara Melalui Korporasi Sebagai Subjek Hukum Tindak Pidana" disampaikan oleh Dr. Undang Mugopal, Kasubdit Peran HAM Direktorat Penuntutan Jampidsus. Sementara itu, Bapak Nyoman Adhi Suryadnyana selaku Kepala Bea Cukai Ternate menyampaikan penerimaan dan potensi-potensi pelanggaran di bidang Kepabeanan dan Cukai di wilayah kerja Bea Cukai Ternate. Turut menyampaikan pula Bapak Devyanus Christofel Narsizzus Polii, Kabid DP3 Kanwil Ditjen Pajak Suluttenggomalut mengenai progress kinerja Ditjen Pajak di wilayah kerjanya.

Acara yang penuh nuansa keakraban dan kekeluargaan ini berjalan khidmat dan lancar. "Kita bersyukur dan berterima kasih atas kunjungan ini karena melalui momen inilah kita bisa saling kenal sehingga ketika ada penugasan ke daerah, maka kita telah bertemu dan saling kenal sebelumnya. Hal itu tentu saja bermanfaat untuk menjalin sinergi dalam rangka pelaksanaan tugas," papar Pak Nyoman, Kepala Bea Cukai Ternate.

Bea Cukai Ternate berharap kebersamaan pada siang itu semakin memperkuat soliditas dan sinergi dalam pelaksanaan tugas untuk Indonesia yang lebih baik dan secara internal seluruh jajaran Bea Cukai Ternate berkomitmen untuk semaksimal mungkin berkontribusi menjadikan Bea Cukai Makin Baik.