PERINGATI HARI KARTINI 2017, BEA CUKAI GELAR APEL BERSAMA

Jakarta (18/04) – Dalam rangka memperingati Hari Kartini 2017, Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) menyelenggarakan berbagai rangkaian acara di antaranya pemeriksaan kesehatan terhadap pegawai wanita untuk mencegah kanker serviks, donor darah, talk show, serta penyelenggaraan apel bersama.

 

Dalam apel bersama yang dipimpin oleh Direktur Teknis Kepabeanan, Oza Olavia dirinya menyampaian bahwa saat ini Bea Cukai sedang menggalakkan reformasi birokrasi. Dalam menjalankan reformasi tersebut, berbagai program telah dirancang untuk mendukung penguatan reformasi. Quick wins yang merupakan program jangka pendek yang diciptakan dalam rangka penguatan reformasi birokrasi telah mencetak beberapa pencapaian, “Bea Cukai telah menambah jumlah perusahaan Authorized Economic Operator menjadi 46 perusahaan, dan 264 perusahaan Mitra Utama,” ungkapnya.

 

Oza Olavia juga menambahkan, selain program di atas Bea Cukai juga telah menciptakan beberapa program inovasi di antaranya dengan menerapkan laporan hasil pemeriksaan mobile yang telah diimplementasikan di Kantor Bea Cukai Tanjung Priok dan di Kantor Bea Cukai Bogor. Bea Cukai juga telah melakukan piloting otomasi penutupan manifest sehingga importir tidak perlu lagi menginput dokumen secara manual.

Selain itu, Oza juga menegaskan bahwa Bea Cukai telah menerapkan pengarusutamaan gender di mana melibatkan banyak pegawai wanita. Terbukanya kesempatan yang sama bagi pegawai wanita dalam mencapai tingkatan karir yang sejajar dengan pegawai pria merupakan salah satu indikator yang telah dicapai dalam pengarusutamaan gender. Diharapkan dengan adanya pengarusutamaan gender akan tercipta situasi yang saling mendukung antar pegawai.