Peresmian Pusat Logistik Berikat yang Hangat di PT Agility International

Bandung (21/09) - Pembangunan Pusat Logistik Berikat merupakan bagian dari Paket Kebijakan Ekonomi Jilid II yang dikeluarkan Presiden Jokowi pada Bulan Oktober 2015. Dan pada hari Rabu, 21 September 2016, PT Agility International yang merupakan salah satu Perusahaan Penerima Fasilitas PLB yang sudah memiliki Pusat Logistik Berikat di dua lokasi yaitu di daerah Halim Perdanakusuma dan Pondok Ungu kembali meresmikan Pusat Logistik Berikat (PLB) Lokasi III di daerah Batujajar, Kabupaten Bandung Barat.

 

Acara dimulai pada pukul 10.15, diawali dengan sambutan dari perwakilan PT Agility Indonesia yaitu Bapak Achadijat Rachman (National Operation Manager) dengan pembukaan berupa penjelasan mengenai Perlengkapan Kerja Standar dan Alat Pelindung Diri yang harus selalu dipakai saat berada didalam lingkungan warehouse. Dalam sambutannya, Bapak Achadijat memaparkan bahwa PLB akan diresmikan tersebut merupakan PLB PT Agility International lokasi III yang dikhususkan untuk menampung komoditi berupa tekstil, benang, dan plastik yang sudah melalui beberapa tahapan sertifikasi berupa, setifikasi Authorized Economic Operator (AEO) juga sertifikasi ISO yang sudah melalui 13 persyaratan selaku PPJK dan Pengelolaan Logistik.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala KPPBC TMP A Bandung. Bapak Onny Yuar Hanantyoko berharap agar PT Agility International yang mendapat Fasilitas berupa PLB untuk komoditi tekstil, benang dan plastik yang merupakan salah satu insentif fiskal yang baru yang harus dijaga dan dipertahankan, dapat kembali mengembangkan industri tekstil yang memiliki sejarah besar di Kota Bandung. Beliau mendukung kegiatan logistik di PLB dengan adanya pelayanan  24 Jam dari KPPBC TMP A Bandung agar mampu mencapai target yang telah ditentukan.

 

Selain Bapak Onny Yuar Hanantyoko, undangan yang hadir dalam Peresmian Pusat Logistik Berikat PT Agility International Lokasi III antara lain Bapak Swoko Adi, Kepala Bidang Fasilitas dan Bapak Winarko, Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Kantor Wilayah DJBC Jawa Barat, juga Perwakilan Perusahaan yang datang yaitu Bapak Ikhsan dari PT Sucofindo dan Perwakilan dari warga sekitar yang memimpin doa untuk kelancaran acara simbolis pelepasan segel kontainer untuk peresmian PLB.

Peresmian PLB berjalan dengan riuh dan ramai, hal tersebut dikarenakan adanya teknologi Vehicle / Container Training berupa Electronic Seal (e-seal) yang hanya dapat dibuka oleh kartu khusus tiap ­seal. Bapak Onny mendapat kehormatan untuk membuka seal tersebut dan dilanjutkan dengan pembukaan segel kertas DJBC. PT Agility International selaku tuan rumah selanjutnya mengajak para undangan untuk melakukan Warehouse Visit dan Simulasi Pengerjaan BC 1.6. di Gudang Logistiknya langsung, didalam gudang tersebut sudah terdapat beberapa kontainer yang menimbun komoditi tekstilnya. Sebelum Simulasi Pengerjaan BC 1.6., para undangan dikenalkan kepada Modul IT Inventory dan Vehicle/Container Tracking untuk pengawasan yang berkaitan dengan kegiatan PLB.

 

Simulasi pengerjaan BC 1.6. yang dilakukan berjalan lancar dengan adanya diskusi dari PT Agility International dan undangan yang datang. Acara di akhiri dengan foto bersama para pegawai PT Agility International dengan para undangan yang hadir, dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Perwakilan PT Agility International yaitu Bapak Freddy Sukrisna dan diberikan kepada Bapak Onny Yuar Hanantyoko.

 

Suasana ramah tamah di Pusat Logistik Berikat sangat hangat dengan obrolan tiap undangan dan pegawai di PT Agility International, diharapkan hubungan dan kerjasama antara DJBC dan PT Agility International yang merupakan salah satu Perusahaan Penerima Fasilitas PLB dapat berjalan dengan baik.