Pererat Hubungan Bilateral, Bea Cukai dan Australian Border Force Adakan Vessel Search Course

BATAM – Direktorat Jenderal Bea dan Cukai bekerja sama dengan Australian Border Force selenggarakan Vessel Search Course dari tanggal 23 sampai dengan 27 Mei 2016. Vessel Search Course tersebut diikuti oleh pegawai Bea Cukai Indonesia dan beberapa pegawai Bea Cukai Timor Leste.

Kegiatan Vessel Search Course diharapkan dapat meningkatkan kompetensi pegawai dalam hal menyelenggarakan pemeriksaan terhadap kapal pribadi, kapal dagang, dan kapal penangkap ikan. Peserta Vessel Search Course juga dilatih agar mampu mengidentifikasi ruang-ruang kapal yang terbatas, dan memonitor lingkungan yang berbahaya ketika melakukan pemeriksaan kapal sehingga dapat meminimalisir upaya penyelundupan.

Pada saat simulasi penyelundupan instruktur dari Australian Border Force mensimulasikan penyembunyian barang-barang terlarang di ruang-ruang terbatas di dalam kapal seperti di ruang mesin, gudang penyimpanan dan ruang-ruang lain yang biasa dijadikan modus penyelundupan. Senior Border Officer Operational Capability Trainer Australian Border Force Justin Delaney, menjelaskan bahwa banyak sekali ruang-ruang di dalam kapal yang bisa dijadikan tempat untuk menyembunyikan barang terlarang, untuk itu penting bagi pegawai beacukai untuk meningkatkan keahliannya dalam pemeriksaan kapal.