Penyembelihan Hewan Qurban Pertama di Bea Cukai Ternate

 
Meriahnya pagi ini di halaman parkir Bea Cukai Ternate ditandai dengan berkumpulnya seluruh Keluarga Besar Bea Cukai Ternate dalam acara penyembelihan hewan qurban. Dalam sambutannya, Kepala Bea Cukai Ternate, Bapak Nyoman Adhi Suryadnyana, mengulas kisah perjuangan dan pengorbanan Nabi Ibrahim dan putranya yaitu Nabi Ismail.
 
 
Setelah sambutan Kepala Kantor yang dilanjutkan doa yang dibacakan Saudara Ahmad Firin, kegiatan penyembelihan pun dimulai. Bertepatan dengan tanggal 13 Dzulhijjah atau 4 September 2017 sekitar pukul 9:00 WIT disembelih 3 (tiga) ekor sapi dan 5 (lima) ekor kambing.
 
 
Suasana kebersamaan, keakraban, dan kekeluargaan terlihat sangat kental diantara seluruh Keluarga Besar Bea Cukai Ternate yang terdiri dari para pejabat, pegawai, petugas keamanan, dan pramubhakti. Sinergi dan profesionalisme yang termasuk nilai-nilai Kementerian Keuangan tampak nyata sejak penyembelihan, pengeletan, pengirisan daging, pengepakan, dan pendistribusian.
 
 
Iringan takbir hari raya mewarnai prosesi penyembelihan membuat suasana menjadi syahdu, khidmat. Daging, jeroan, dan tulang dipisahkan. Ada panita khusus yang menangani penimbangan demi mewujudkan aspek keadilan. Sedangkan untuk pendistribusian, daging qurban dibagikan kepada seluruh Keluarga Besar Bea Cukai Ternate, masyarakat perkampungan sekitar kantor, masyarakat sekitar Ternate, Pulau Tidore, dan juga ada paket-paket khusus untuk diberikan kepada anak-anak yatim dari panti-panti asuhan di sekitar Ternate.
 
 
Panitia Qurban 1438 H Musholla Baitut Tahsin Bea Cukai Ternate yang diketuai oleh Bapak Yuyu Mulyana menggonakan beberapa metode untuk memudahkan pendistribusian daging qurban, yaitu dengan membagikan kupon-kupon untuk mengambil paket daging qurban, menugaskan beberapa orang untuk membagikan langsung ke beberapa wilayah, dan membuat database supaya lembaga-lembaga tertentu mengambil langsung ke Kantor Bea Cukai Ternate.
 
Menurut para pegawai senior, pelaksanaan qurban di Bea Cukai Ternate tahun ini adalah yang pertama kalinya sepanjang sejarah berdirinya kantor. Hal ini dapat dimaklumi mengingat jumlah pegawai yang sedikit dan kebanyakan pegawai lebih memilih berqurban di kampung halaman atau di masjid-masjid lainnya.
 
 
Hikmah dari pelaksanaan penyembelihan hewan qurban hari ini adalah bahwa dibalik kesuksesan sebuah program ada banyak orang yang berkontribusi baik langsung maupun tidak langsung, baik sebagai panitia maupun bukan panitia. Sebagai bentuk rasa syukur kehadirat Allah yang Maha Kuasa, malam ini digelar acara makan malam bersama Kepala Kantor, bedah sejarah kesultanan-kesutanan Moloku Kie Raha oleh Johukum Kesultanan Ternate, dan nonton bareng film inspiratif.