Neraca Perdagangan Defisit, Kanwil Bea Cukai Banten Siap Genjot Investasi dan Kegiatan Ekspor

Tangerang Selatan – Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) merupakan salah satu Lembaga yang memiliki peran penting dalam mendorong pencapaian pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi. Bea Cukai memiliki misi sebagai Industrial Assistance, Trade Facilitator, Community Protector, dan Revenue Collector. Melalui misi tersebut, Bea Cukai memiliki peluang yang besar dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi.

Dalam Rapat Kerja Wilayah Kanwil DJBC Banten 2019 yang dilaksanakan pada hari Selasa dan Rabu (29-30/01/2019), dibahas mengenai sinergi dalam menjalankan tugas, meningkatkan profesionalisme secara berkelanjutan, menciptakan pola kerja yang efektif dan melakukan sistem pengawasan yang tepat demi memberikan pelayanan yang terbaik kepada semua pengguna jasa. Pembahasan dibagi menjadi 3 komisi, yaitu komisi A yang membahas mengenai Optimalisasi Penerimaan dan Pelayanan, komisi B yang membahas mengenai efektivitas pengawasan dan komisi C yang membahas mengenai SDM, keuangan, kepatuhan pegawai serta kehumasan.

“Peningkatan Sinergi dan Profesionalitas dalam rangka Optimalisasi Fasilitasi Perdagangan dan Industri” adalah tema program Kerja Kanwil DJBC Banten tahun 2019 yang merupakan

 bentuk cerminan dari Misi DJBC. Penyusunan program kerja tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi lokal, investasi, dan meningkatkan ekspor guna mendukung neraca perdagangan.

Untuk mewujudkan hal-hal tersebut tentunya tidaklah mudah. Banyak tantangan yang harus dihadapi bersama, salah satunya adalah pertumbuhan impor yang lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekspor. Hal ini berpengaruh terhadap cadangan devisa sehingga berimbas pada nilai tukar dan menyebabkan perekonomian di Indonesia tidak stabil. 

Salah satu upaya konkrit yang akan dilakukan Kanwil DJBC Banten adalah pembentukan ‘task post’ yang akan menentukan potensi ekspor dan memfasilitasi ekspor serta melakukan koordinasi dengan instansi-instansi terkait khususnya terkait kemudahan perizinan dan layanan.

Dengan disusunnya program kerja tahun ini, Kantor Wilayah Bea dan Cukai Banten siap menghadapi berbagai tantangan dalam mendorong pencapaian pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi.