MINIMALKAN PENGELUARAN DAN MAKSIMALKAN PENERIMAAN

Marunda - Guna memaksimalkan Keuangan, kita harus bisa meminimalkan pengeluaran dan memaksimalkan penerimaan. Selain dari gaji dan tunjangan yang diterima, kita bisa mencari penerimaan lain dengan memulai bisnis dari yang kecil dahulu, contohnya adalah dengan berjualan lewat online.

Hal tersebut dikatakan motivator Annisa Sagita dalam rangka memperingati Hari Oeang 2017, di Kantor Bea Cukai Marunda dengan  tema Cerdik Kelola Oeang.

Annisa Sagita menambahkan untuk biaya hidup, pendidikan diperkirakan setiap tahunnya ada kenaikan 10% hingga 20% lebih. Contohnya untuk saat ini saja biaya kuliah sebesar Rp 150 juta, maka 18 tahun kemudian mencapai 1,8 milyar.

Annisa Sagita menyarankan untuk mendisiplinkan diri terlebih dahulu dalam berinvestasi dari hal yang terkecil dan relatif tidak memerlukan banyak dana, seperti misalnya berinvestasi pada Reksa Dana atau mencoba berinvestasi pada Logam Mulia dengan pecahan yang paling terjangkau.

Usai Annisa Sagita memberi sejumlah tips tentang cerdik dalam kelola uang dilanjutkan dengan penyerahan Cindera Mata dan Foto bersama. Diharapkan dengan adanya capacity building ini para pegawai semakin cerdas dalam pengelolaan uang.