Meningkatkan Efektivitas Pengawasan Barang Angkut Lanjut

Kota Makassar terletak pada posisi strategis dan merupakan pintu gerbang masuk maupun keluar perdagangan di wilayah Indonesia Timur. Namun sebagian besar kegiatan ekspor dan impor di Makassar tersebut melewati proses angkut lanjut di Jakarta karena belum masih sedikit kapal langsung (direct call) dari luar negeri menuju Kota Makassar maupun sebaliknya. Barang diangkut lanjut adalah barang yang diangkut dengan sarana pengangkut melalui Kantor Bea Cukai dengan dilakukan pembongkaran terlebih dahulu untuk diangkut kembali dengan sarana pengangkut lainnya menuju daerah tempat pembongkaran. Untuk meningkatkan efektifitas pengawasan terhadap barang impor maupun ekspor yang diangkut lanjut dari dan ke Makassar serta untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa, pada Hari Jumat, Tanggal 8 September 2017, Bea Cukai Makassar mengadakan Coffee Morning bersama para pengguna jasa bidang pengangkutan dan logistik untuk membahas hal-hal dan permasalahan yang sering terjadi berkaitan dengan proses angkut lanjut barang impor maupun eskpor yang diselesaikan di Bea Cukai Makassar. Coffee Morning Ini bertempat di Warkop Kopi Ronk, Jalan Yos Sudarso, Makassar

Rangkaian acara dimulai dengan sambutan oleh Kepala Kantor, Bapak Gusmiadirrahman.yang langsung dilanjutkan oleh kegiatan sharing dan tanya jawab permasalahan dari para pengguna jasa yang hadir menjadi peserta dalam kegiatan coffee morning ini. Secara umum permasalahan yang banyak dibahas adalah mengenai ketentuan dan prosedur pelaporan manifest untuk kapal luar negeri maupun kapal lokal yang mengangkut barang impor dan ekspor angkut lanjut yang akan melakukan pembongkaran barang di dalam maupun luar negeri. Selain itu, dalam kegiatan ini, Kepala Kantor menginformasikan bahwa Bea Cukai Makassar sedang mengembangkan aplikasi mandiri berbasis online yang dapat digunakan dalam pengawasan barang impor dan ekspor angkut lanjut. Aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas antar Kantor Bea Cukai, sehingga informasi tentang barang impor ekspor angkut lanjut dapat dikirimkan dan diketahui secara cepat oleh masing-masing kantor terkait.

Seluruh peserta yang hadir mengapresiasi terlaksananya kegiatan ini karena para peserta menjadi lebih mengerti dan meningkatkan pengetahuan mereka tentang ketentuan impor ekspor angkut lanjut. Para peserta tersebut juga memberi dukungan terhadap aplikasi online angkut lanjut yang sedang dikembangkan oleh Bea Cukai Makassar. Acara berlangsung lancar dan tertib dari awal hingga akhir acara.