Kunjungan Siswa DTSS Cukai Lanjutan ke Bea Cukai Malang

Selasa, 08 Agustus 2017, KPPBC Tipe Madya Cukai Malang mendapat kunjungan dari siswa DTSS Cukai Lanjutan Tahun 2017 Balai Diklat Keuangan Malang. Kunjungan yang dilaksanakan dalam rangka Observasi Lapangan sesuai kurikulum diklat tersebut diikuti oleh seluruh siswa DTSS Cukai Lanjutan yang berjumlah 30 orang. Kegiatan observasi lapangan dilaksanakan selama dua hari, yaitu hari Selasa dan Rabu, 08-09 Agustus 2017.

Pada hari pertama kunjungan, seluruh siswa DTSS diterima oleh Kepala Kantor bersama para Kepala Seksi KPPBC Tipe Madya Cukai Malang. Dalam sambutannya, Bapak Rudy Hery Kurniawan selaku Kepala KPPBC Tipe Madya Cukai Malang menyampaikan kepada seluruh siswa tentang peran penting pungutan cukai dan KPPBC Tipe Madya Cukai Malang dalam menyumbang penerimaan negara.

Setelah acara penyambutan, siswa DTSS dibagi dalam tiga kelompok. Masing-masing kelompok secara bergiliran mendapatkan penjelasan dari Pejabat KPPBC Tipe Madya Cukai Malang tentang pelayanan yang dilaksanakan diantaranya tentang penerbitan ijin NPPPBKC, laporan produksi, pemesanan pita cukai, fasilitas, kemudahan serta pengawasan di bidang cukai.

Kegiatan pada hari kedua yaitu Rabu tanggal 09 Agustus 2017, para Siswa DTSS didampingi Pejabat KPPBC Tipe Madya Cukai Malang melakukan kunjungan ke Pabrik Barang Kena Cukai yang berada di wilayah kerja KPPBC Tipe Madya Cukai Malang yaitu PT Merapi Agung Lestari, PT Sumbersari Mekar Perkasa, dan PT Molindo Raya Industrial. Kunjungan tersebut dilakukan untuk memberikan pengetahuan terkait proses produksi Barang Kena Cukai yaitu Hasil Tembakau, Etil Alkohol, dan Minuman Mengandung Etil Alkohol.

Setelah mengunjungi masing-masing Pabrik BKC tersebut, kegiatan ditutup oleh Bapak Tri Hartana yang mewakili kepala kantor pada pukul 15.30 WIB di Aula PT Molindo Raya Industrial.