Kunjungan Politeknik Negeri Medan Ke Bea Cukai Belawan

Belawan – Jum’at, 24 Juni 2016, Bea Cukai Belawan mendapat kunjungan dari Politeknik Negeri Medan Ke Bea Cukai Belawan. Ibu Lily Maryam Nasution, S.H., M.Hum. selaku dosen mengatakan bahwa kunjungan ini dalam rangka mata kuliah Kepabeanan serta kunjungan lapangan melihat proses pengurusan kepabeanan di pelabuhan. Kepala Subbagian Umum Bapak Dodit Mufit, dalam sambutannya, mengatakan “KPPBC TMP Belawan dengan sangat senang hati menerima kunjungan ini”.

  

Dalam kunjungan ini, diberikan pemaparan materi secara interaktif oleh Bapak Anugrahwan selaku Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Wahyu Wibowo selaku Kasubsi Penyuluhan mengenai visi & misi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, prosedur ekspor dan impor, fasilitas kepabeanan, barang kiriman dan barang penumpang, ketentuan larangan dan pembatasan ekspor impor dan capaian kinerja Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Disampaikan juga, saat ini proses penyelesaian kepabeanan sangat cepat, murah tanpa biaya pelayanan (kecuali penerimaan negara) dan mudah (banyak yang sudah online).

  

Diskusipun berlangsung begitu hangat, terlihat dari antusiasnya pertanyaan dari para mahasiswa diantaranya terkait pemahaman ketentuan larangan dan pembatasan, modus penyelundupan narkotika, fasilitas kepabeanan yang dapat dimanfaatkan oleh civitas akademika (pameran, perlombaan akademik, dsb) seperti Impor Sementara dan CARNET, Pusat Logistik Berikat (PLB), identifikasi pita cukai, usulan barang kena cukai berupa mercon/petasan serta peran masyarakat untuk membantu tugas bea dan cukai dengan tidak membeli & menggunakan barang illegal, menginformasikan penyelundupan dan menjadi bagian dari keluarga besar Bea dan Cukai.

Pada sesi selanjutnya, para dosen dan mahasiswa dipersilahkan secara langsung melihat aktivitas pengawasan bongkar muat barang ke kapal di dermaga Belawan International Container Terminal (BICT), barang hasil tangkapan berupa pakaian bekas dan bawang, serta aktivitas pemeriksaan fisik di Tempat Pemeriksaan Fisik Terpadu. Diharapkan kunjungan ini dapat memberikan wawasan kepada civitas akademika terkait peran dan tugas Bea Cukai serta dapat menyampaikan kepada masyarakat luas terkait progres transformasi yang telah dilakukan Bea Cukai. Bea Cukai Makin Baik.

(PLI KPPBC TMP Belawan)