Kick Off Meeting Joint Program DJP - DJP Wilayah Jawa Barat

Bandung(16/04/2018) - Pada hari ini dilaksanakan Kick Off Meeting Joint Program DJP – DJBC Wilayah Jawa Barat yang bertempat di Aula Gedung Keuangan Negara, Jalan Asia Afrika, Bandung. Hadir dalam acara tersebut Kepala Kantor Wilayah DJBC Jawa Barat beserta jajarannya, Kepala Kanwil DJP Jawa Barat I, II, dan III beserta jajarannya, Direktur Intelijen Perpajakan Direktur Audit Kepabeanan (diwakili Kasubdit Pelaksanaan Audit II), dan Para Kepala KPPBC di lingkungan Kantor Wilayah DJBC Jawa Barat beserta jajarannya, serta para Kepala KPP di lingkungan Kantor Wilayah DJBC Jawa Barat I, II, dan III.

Dalam acara ini dilakukan penandatanganan piagam oleh para Kepala Kantor di lingkungan Kantor Wilayah DJBC Jawa Barat dan Kantor Wilayah DJP Jawa Barat I, II, dan III. Hal ini dilakukan sebagai bukti bahwa sinergi yang dilakukan oleh DJP dan DJBC di wilayah Jawa Barat adalah hal yang nyata dan bersama-sama saling mendukung untuk tercapainya tujuan Joint Program tersebut. Adapun kerjasama yang dilakukan meliputi:

  1. Joint Analysis yaitu melakukan pertukaran informasi dan analisis bersama atas potensi penerimaan pajak, bea masuk, bea keluar dan cukai, dan menargetkan wajib pajak beresiko tinggi;
  2. Joint Audit yaitu melakukan kerjasama untuk keperluan audit dan/atau pemeriksaan di bidang perpajakan, kepabeanan, dan cukai;
  3. Joint Investigation yaitu melakukan kerjasama dalam proses penanganan tindak pidana di bidang perpajakan, kepabeanan, dan cukai.

Selain kerjasama tersebut, juga telah disepakati kerjasama dalam meningkatkan pengetahuan sumber daya manusia di bidang perpajakan, kepabeanan, dan cukai. Hal ini dirasa perlu dilakukan supaya dapat mendukung pencapaian target penerimaan serta meningkatkan kepatuhan wajib pajak di wilayah Jawa Barat.

Direktur Intelijen Perpajakan selaku Ketua Tim Joint Program mengatakan “Ini adalah salah satu cara bagaimana kita bisa menyatukan DJBC dan DJP sehingga seluruh perekonomian bisa kita eratkan kepatuhan pajaknya dan beacukainya.”

Setelah penandatanganan piagam, dilakukan diskusi dan tanya jawab dengan para peserta. Acara terakhir adalah sharing session success story atas kegiatan Joint Program yang sudah berhasil dilakukan antara Kanwil DJP Jakarta Utara dengan KPU Tipe A Tanjung Priok. Success story ini dibawakan oleh Panca Putra Jaya dari KPU Tipe A Tanjung Priok. Panca menjelaskan bagaimana awal mula kegiatan Joint Program dilakukan. “Awalnya dilakukan inhouse training dan diskusi antara pegawai DJP dan DJBC membahas target joint analysis” kata Panca. Selain itu Panca juga mengatakan bahwa targetnya bukan hanya fiskal, akan tetapi juga untuk mempermudah legal.

Kepada Pers, Kakanwil DJBC Jawa Barat dan Kakanwil DJP Jawa Barat I menyampaikan bahwa dengan kerjasama antara DJBC dan DJP ini diharapkan program yang selama ini berjalan sendiri-sendiri bisa menjadi proigram bersama, sehingga tidak ada lagi celah yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna jasa atau wajib pajak yang nakal untuk menghindari kewajiban perpajakan.