Kepala Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara Raih Gelar Doktor di Bidang Hukum

Depok (10/01) – Kepala Kantor Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara, Cerah Bangun, raih gelar doktoral di bidang Hukum dari Universitas Indonesia. Dalam acara Sidang Terbuka Promosi Doktor pada hari Rabu (10/01), Cerah Bangun berhasil mempertahankan disertasinya yang mengambil topik mengenai Transformasi Penyelesaian Sengketa Nilai Pabean (Studi Sengketa Nilai Pabean di Pengadilan Pajak).

Promotor sekaligus Penguji Disertasi, Dr. Rosa Agustina, S.H., M.H., mengungkapkan bahwa disertasi Cerah Bangun dapat dipertahankan dengan sangat memuaskan. “Disertasinya dapat dipertahankan dengan sangat memuaskan. Diharapkan disertasi tersebut dapat bermanfaat bagi penyelesaian masalah sengketa pajak, khususnya di Bea Cukai,” ungkap Rosa.

Sementara itu, Cerah menyatakan bahwa dirinya sangat bersyukur telah berhasil menyelesaikan program doktoral ini, dan berharap dapat semakin memberikan kontribusi yang baik untuk Bea Cukai. “Diharapkan disertasi yang telah saya susun dapat dijadikan referensi alternatif penyelesaian sengketa yang lebih berkeadilan, berkepastian, dan berkemanfaatan,” ungkap Cerah.

Dekan FHUI Prof. Melda Kamil Ariadno menyatakan bahwa Cerah Bangun adlh Doktor ke 248 yg dihasilkan oleh Program Pascasarjana FHUI dan Doktor ke dua yg lulus di Tahun 2018.

Program doktoral yang berhasil diraih Cerah bukan semata pencapaian pribadi, namun diharapkan juga dapat dimanfaatkan untuk kemajuan organisasi dan mendukung Bea Cukai untuk menjadi makin baik.