Jelang Mandatory Layanan CEISA TPB, Bea Cukai Semarang Kumpulkan Pengusaha

Semarang – Menjelang berlakunya mandatori Layanan CEISA TPB untuk Kawasan Berikat, Bea Cukai Semarang mengundang para pimpinan perusahaan penerima fasilitas Kawasan Berikat di wilayah Semarang dan sekitarnya dalam acara Bea Cukai Sambung Rasa di Aula Kanwil DJBC Jawa Tengah dan DIY. (22/03)

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Bea Cukai Semarang, Iman Prayitno menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para pimpinan perusahaan yang selama bulan Maret ini telah bekerja sama mendukung pelaksanaan piloting (uji coba) penggunaan aplikasi CEISA TPB. Aplikasi CEISA TPB merupakan aplikasi penyampaian dokumen secara elektronik yang mengintegrasikan semua jenis dokumen perijinan Kawasan Berikat dalam satu aplikasi. Lebih jauh, Iman Prayitno juga menyampaikan permintaan maafnya terkait server aplikasi CEISA TPB yang sempat down dalam periode piloting. Namun demikian, Iman Prayitno menyampaikan bahwa Bea Cukai Semarang berkomitmen untuk selalu berusaha membantu mengkomunikasikan segala kendala yang dihadapi pengguna jasa ke Kantor Pusat DJBC mengingat administrasi dan server aplikasi CEISA TPB terpusat di Jakarta.

Dalam kesempatan yang sama, Iman Prayitno juga kembali menegaskan pada para pimpinan perusahaan untuk tetap mematuhi ketentuan terkait IT Inventory perusahaan. Sepanjang tahun 2016, Bea Cukai Semarang telah secara intensif memberikan asistensi kepada para perusahaan penerima fasilitas Kawasan Berikat agar IT Inventory perusahaan sesuai dengan standar yang diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor PER-09/BC/2013 mengenai pedoman pendayagunaan IT Inventory. Hasil asistensi dinilai cukup baik terbukti dengan banyaknya perusahaan yang nilai profilingnya  meningkat dan memperoleh “kenaikan kelas” dalam penjaluran pelayanan. Iman Prayitno mengharapkan, capaian kinerja dan kepatuhan perusahaan terkait IT Inventory di tahun lalu dapat terus dijaga secara kontinyu.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Surat Persetujuan Pengguna Layanan Penyampaian Pemberitahuan Pabean Melalui Sistem Aplikasi Sentralisasi Pelayanan TPB (CEISA TPB) oleh para pimpinan perusahaan yang hadir yang dibarengi dengan dialog interaktif bersama Kepala Kantor dan Tim dari Seksi Pengolahan Data dan Administrasi Dokumen (PDAD). Selanjutnya para pimpinan perusahaan juga diminta untuk mengisi kuesioner pra-survey kepuasan pengguna jasa. Menjelang tengah hari, acara ditutup dengan makan siang bersama.