Internalisasi Dirjen Bea Cukai Kepada Pegawai Bea Cukai Bekasi

“Perintah Presiden Republik Indonesia, Jokowi, kepada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sangat jelas yaitu berantas penyelundupan dan dorong insentif yang bisa memberkan pekerjaan kepada rakyat banyak,” ucap Dirjen Bea dan Cukai, Heru Pambudi, saat diminta untuk memberikan penguatan kepada pegawai Bea Cukai Bekasi.

Bertempat di Aula Cibitung Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya PabeanBekasi siang ini (3/2) seluruh pegawainya yang tidak sedang melaksanakan tugas di lapangan berkumpul untuk mendengarkan arahan dari Dirjen Bea dan Cukai.

Salah satu insentif yang diberikan pemerintah terhadap masyarakat usaha adalah Kawasan Berikat (KB) yangmana Kantor Bea Cukai Bekasi mengawasi hampir mengawasi 60% KB di seluruh Indonesia. Akan tetapi insentif tersebut ternyata ada yang oknum-oknum yang ingin memanfaatkan kemudahan yang diberikan melalui layanan Kawasan Berikat untuk memasukkan barang dengan tidak benar.

 

Heru mengambil contoh kasus penyelundupan tekstil yang beberapa lalu ramai di media dimana seharusnya barang dikirim ke Kawasan Berikat di Purwarkarta tetapi ternyata berbelok di wilayah lain untuk melakukan pembongkaran dan tidak sampai ke tujuan awal. Untuk itu Heru meminta kepada pegawai Kantor Bea Cukai Bekasi agar selalu awas . “Saya perintahkan langsung kepada teman-teman agar selalu waspada,” ujar Heru dengan tegas.

Apabila terjadi sebuah kejadian bukan hanya kepala hangar, unit-unit pengawasan yang saat itu bertugas tetapi seluruh pegawai juga bertanggung jawab sehingga Heru sekali lagi meminta agar ini menjadi perhatian. “Kawasan Berikat bisa menjadi jalannya penyelundupan jika tidak dicermati. Apa yang sudah dibangun jangan dirusak hanya dengan 1-2 orang (bagian exim atau petugas) yang bertindak ‘nakal’ dan tidak bertanggung jawab,” tambah Heru.

Heru juga mengapresiasi kepada Kepala Kantor Bekasi, Iskandar Tarigan, yang telah berhasil melakukan penindakan sebanyak empat kali dari awal tahun 2016 dan mengharapkan kedepannya lebih ditingkatkan lagi.