INI SEDERET PESAN MENTERI KEUANGAN DALAM RANGKA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA 2019

Jakarta (01/06) – Hari ini secara serentak seluruh jajaran Kemeteriaangan Kementerian Keuangan mengadakan Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila di berbagai daerah. Di Kantor Pusat Kementerian Keuangan, upacara yang secara langsung dipimpin oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati, berlangsung dengan khidmat.

Dalam amanatnya, Menkeu mengungkapkan bahwa keberagaman merupakan karakter sekaligus identitas bangsa Indonesia. Indonesia bukan milik satu ras saja, bukan milik satu agama saja, bukan milik satu adat saja, tetapi milik kita bersama, seluruh masyarakat Indonesia. Pada kesempatan bulan Ramadhan ini, dirinya juga berharap agar seluruh rakyat Indonesia dapat bergandeng tangan dan berjuang untuk menjaga tanah air Indonesia karena kita semua satu, Kita Indonesia Kita Pancasila.

Menkeu juga mengungkapkan bahwa para Aparatur Sipil Negara Kementerian Keuangan memiliki peranan penting bagi bangsa Indonesia, serta bertanggung jawab untuk mewujudkan cita-cita bangsa dengan melakukan pengelolaan keuangan negara secara profesional, kredibel dan prudent. Setiap pegawai Kementerian Keuangan mempunyai kontribusi dalam kesuksesan pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Sebagai salah satu Kementerian yang kaya akan data, kita harus punya terobosan dan inovasi yang mampu memanfaatkan data-data tersebut agar memiliki manfaat yang jauh lebih banyak lagi.

Pada penutup amanatnya, Menkeu juga mengingatkan bahwa peringatan hari lahir Pancasila yang bertepatan di akhir bulan Ramadhan ini dapat dimaknai untuk mengasah jiwa dan raga agar setiap individu dapat menjadi pribadi yang dapat menjaga kebersihan hati, tutur kata dan pikiran. Menkeu juga mengajak agar kita dapat menguatkan simpul-simpul persatuan dalam keberagaman, menggalang semangat berbagi, dan bekerja sama melintasi batas-batas identitas dan golongan. Mari kita hidupkan kembali semangat persatuan, gotong royong, dan keberagaman yang saling menguatkan satu sama lain.

Menkeu juga berpesan agar kita terus bersatu bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, aman, damai, adil, makmur dan sejahtera. Mari kita merajut kembali persatuan kita, persaudaraan kita dan kerukunan kita, karena Indonesia adalah rumah kita bersama. Semoga Nilai-Nilai Pancasila selau mengalir dalam jiwa sanubari dan hati kita semua.