In House Training Nilai Pabean Direktorat Audit Kepabeanan dan Cukai

Rabu 9 Agustus  hingga Kamis 10 Agustus 2017 bertempat di aula Loka Toba gedung Sumatera Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, diselenggarakan acara In House Training Nilai Pabean oleh Direktorat Audit Kepabeanan dan Cukai.
Kegiatan ini diikuti oleh 70 perserta auditor dari berbagai kantor di lingkungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Selain itu kegiatan ini juga dihadiri oleh observer dari Pusdiklat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Acara ini di buka dengan sambutan dari Plt Direktur Audit Kepabeanan dan Cukai, Dwi Teguh Wibowo dan Direktur Teknis Kepabeanan, Oza Olavia.
Dalam acara tersebut, Dwi Teguh Wibowo mengatakan bahwa Nilai Pabean merupakan “senjata” seorang pegawai Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Bagi Auditor Kepabeanan dan Cukai khususnya, pemahaman Nilai Pabean, Klasifikasi, dan Rules of Origin (ROO) sangatlah penting. Karena sifat ilmu Kepabeanan dan Cukai yang bersifat dinamis, dan dengan adanya kegiatan In House Training ini, merupakan kesempatan yang bagus untuk terus belajar serta untuk pengayaan kompetensi para pejabat fungsional khususnya fungsional auditor.

 


Sementara itu Direktur Teknis Kepabeanan, Oza Olavia dalam sambutannya mengatakan Indonesia saat ini menganut sistem Self Assesment dalam pemenuhan kewajiban  di bidang Kepabeanan dimana pemeriksa bea dan cukai harus meneliti keakuratan dan kebenarannya. Audit Kepabeanan dan Cukai sebagai Post Clearance memiliki peranan penting sebagai akhir dari rangkaian kegiatan pengawasan di bidang Kepabeanan dan Cukai, dimana sebagian besar penetapan Nilai Pabean dilakukan melalui Audit Kepabeanan dan Cukai dan Penelitian Ulang. Nilai Pabean sendiri menggunakan nilai transaksi dengan metode yang ditetapkan melalui WTO Valuation Agreement.
Direktorat Teknis Kepabeanan senang dilibatkan dalam acara ini karena akan memberikan ruang saling sharing ilmu mengenai nilai pabean.

Acara In house Training ini menghadirkan narasumber dari Direktorat Teknis Kepabeanan, Direktorat Audit Kepabeanan dan Cukai dan Direktorat Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga