Dukung Perusahaan Mendunia, Bea Cukai Hadiri Ekspor Perdana PT SCNP.

Bogor (15/10/19) – Kanwil Bea Cukai Jawa Barat bersama Bea Cukai Bogor menghadiri acara pelepasan ekspor perdana produk pemurni udara (air purifier) tujuan Amerika Serikat milik PT Selaras Citra Nusantara Perkasa (SCNP). Pelepasan peti kemas ekspor ke 1.001 pada hari Kamis (10/10) ini menandakan eksistensi PT SCNP yang sudah tercatat mengekspor 1.000 peti kemasnya ke pasar Asia Tenggara selama 18 tahun terakhir.

Kepala Kanwil Bea Cukai Jawa Barat, Saipullah Nasution merasa bangga atas capaian salah satu perusahaan kawasan berikat (KB) yang ada di wilayahnya tersebut. Keberhasilan mengekspor produk ke Amerika adalah kemajuan bersama, baik perusahaan maupun Bea Cukai.

“Semua yang kita berikan, akhirnya bisa muncul sebagai kekuatan ekonomi. Dengan ekspor perdana ini, semoga akan menjadi embrio untuk PT SCNP menjadi lebih maju lagi” ucap Saipullah dalam sambutannya.

Chief Operation Officer (COO) PT SCNP, Sundi, mengatakan keberhasilan perusahannya tersebut berkat dukungan semua pihak termasuk Pemerintah dalam hal ini Bea Cukai yang telah memberikan stimulus fiskal berupa kawasan berikat. Tidak lebih dari 6 bulan, akhirnya perusahannya bisa menembus pasar AS.

“Ekspor ke AS ini merupakan tonggak bersejarah bagi kami, yang tidak pernah dibayangkan dalam 2 tahun terakhir. Perlu usaha keras dari PT SCNP untuk menyiapkan infrastruktur produksi dan standar sistem kualitas pendukung. Apalagi di tengah isu perang dagang antara Tiongkok dan AS,” ungkap Sundi.

Sundi mengatakan, saat ini perusahannya memproduksi sekitar 4 juta unit per tahun alat elektronik dan rumah tangga seperti, setrika, kipas angin, kompor, penanak nasi hingga mixer. Selain sebagai perusahaan perakit produk dari Eropa, perusahaannya juga memproduksi sendiri blender dengan merek Turbo dan melakukan riset alat kedokteran bersama Institut Pertanian Bogor (IPB).

“Tak hanya memproduksi alat elektronik dan rumah tangga, kami pun bekerjasama dengan IPB melakukan riset alat kedokteran untuk kesehatan pembuluh darah. Prototypenya akan diujicobakan di lima rumah sakit besar di Indonesia” jelasnya.

Keberhasilan PT SCNP melakukan ekspor perdana ini tidak lepas dari bentuk perhatian Bea Cukai terhadap industri tanah air. Dalam menjalankan fungsinya sebagai industrial assistance dan trade facilitator, Bea Cukai berharap ekspor perdana ini dapat menjadi pemicu bagi perusahaan lain untuk bersama-sama memajukan perekonomian bangsa.