Dialog Kinerja Organisasi Bea Cukai Jabar

Rabu, 10 Oktober 2018, bertempat di Aula KPPBC TMP A Purwakarta telah dilaksanakan Rapat Dialog Kinerja Organisasi yang diikuti oleh seluruh Kepala KPPBC dan Pejabat Eselon 3 didampingi masing-masing 1 orang Pejabat Eselon 4 di lingkungan Kantor Wilayah DJBC Jawa Barat.

Rapat Dialog Kinerja Organisasi dibuka dan dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah DJBC Jawa Barat, Saipullah Nasution. Dalam sambutannya Kakanwil menyampaikan materi-materi yang perlu dibahas yaitu capaian kinerja dan isu strategis di Kantor Wilayah DJBC Jawa Barat, yakni perkembangan Joint Program bersama Direktorat Jenderal Pajak, penerapan cukai pada vape, peningkatan kualitas data ekspor impor termasuk rencana aksi peningkatan ekspor, peningkatan kualitas pelayanan dan pengawasan di TPB terutama terkait IT Inventory dan pembinaan hanggar Tempat Penimbunan Berikat, petunjuk penyelesaian barang scrap/sisa hasil produksi dan Manajemen Risiko.

Penerimaan negara dari sektor bea masuk, bea keluar dan cukai juga menjadi pembahasan di dalam Rapat DKO tersebut. Penerimaan Kantor Wilayah DJBC Jawa Barat sebesar Rp.15,5 Triliun atau 57,76% capaian per 30 September 2018, angka ini lebih tinggi 12,21% dari pada tahun lalu. Dengan meningkatnya penerimaan negara tersebut, menunjukkan bahwa langkah-langkah strategis yang disusun Kantor Wilayah DJBC Jawa Barat dalam rangka melaksanakan fungsi Revenue Collector telah dilaksanakan dengan baik.

Dalam Rapat DKO ini Kanwil DJBC Jawa Barat juga mengundang Direktur Audit Kantor Pusat DJBC, Nirwala yang didampingi Kepala Subdirektorat Pelaksanaan Audit II, Puguh Wiyatno untuk sharing tentang IT Inventory dan Kepala Kantor Wilayah DJBC Banten, Decy Arifinsjah untuk sharing kegiatan Pengawasan dan Pembinaan Hanggar di Kanwil Banten.

Dengan dilaksanakannya Dialog Kinerja Organisasi ini, diharapkan mampu menjadi sarana evaluasi dan monitoring terhadap capaian kinerja Kantor Wilayah DJBC Jawa Barat sehingga dapat diketahui secara dini jika ada kendala atau masalah yang bisa menghambat pencapaian kinerja Kantor Wilayah DJBC Jawa Barat.