Dekat dengan Masyarakat, Bea Cukai Kudus Ikuti Car Free Day

Untuk mensosialisasikan tugas dan fungsi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Bea Cukai Kudus kembali mengadakan program kehumasan di ajang Car Free Day Kota Kudus, yang dikemas dengan kegiatan Customs On The Street, pada hari Minggu, 24 November 2019  di Alun-Alun Simpang Tujuh Kudus.

 

Tepat pukul 06.00 pagi, acara dimulai oleh pembawa acara Alif Amidhan dan Kirana Pinastika dengan menyapa hangat warga Kota Kretek. Setelah itu dilanjutkan dengan sosialisasi mengenai Fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor Industri Kecil dan Menengah (KITE IKM) oleh Kepala Subseksi Penyuluhan Bea Cukai Kudus, Didit Ghofar.

 

“Fasilitas KITE IKM adalah insentif fiskal yang diberikan kepada IKM berupa pembebasan Bea Masuk, PPN, dan PPN Barang Mewah atas impor bahan baku, mesin, dan barang contoh oleh IKM.” jelas Didit.    

Usai penjelasan mengenai KITE IKM, kemudian masyarakat disuguhi live performance dari Bea Cukai Kudus Akustik (BCKustik). Dengan membawakan dua lagu, penampilan BCKustik ini cukup menyedot perhatian pengunjung di Customs On The Street.

 

Menyambung acara selanjutnya, Andung Heriawan,  menjelaskan mengenai rokok ilegal mulai dari ciri-ciri hingga sanksi apabila terlibat dalam peredaran rokok ilegal. Pada kesempatan ini, para pengunjung juga turut mempraktikkan cara mengidentifikasi keaslian pita cukai menggunakan sinar ultra violet. Tak hanya itu, para pengunjung juga berkesempatan untuk mendapatkan puluhan souvenir secara gratis seperti gelang, gantungan kunci, kipas, tumbler, kalender, kaos, hingga payung.

“Hingga saat ini Bea Cukai Kudus berhasil melakukan penindakan rokok ilegal sebanyak 130 kali. Ini merupakan wujud keseriusan kami dalam memberantas peredaran rokok ilegal.” terang Andung.

Selain menyosialisasikan tentang Fasilitas KITE IKM dan Rokok Ilegal, masyarakat juga diberikan edukasi mengenai barang bawaan penumpang, barang kiriman pos, dan peraturan barang bawaan bagi calon jamaah haji.

 

Selain memberikan penyuluhan secara verbal, petugas juga memberikan materi dalam bentuk brosur dan stiker kepada masyarakat.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mendekatkan hubungan antara Bea Cukai Kudus dengan masyarakat sehingga kepercayaan dan sinergi masyarakat dengan Bea Cukai makin baik.